Suatu hari seorang teman pernah bercerita tentang rencana masa depannya. Dia bilang ingin fokus menjalankan bisnis yang sudah dirintisnya dan segera mengajukan pensiun dini dari tempatnya bekerja. Bagi kita yang sudah merasa nyaman dengan pekerjaan saat ini,tentu menganggap ini adalah sebuah pertaruhan besar dalam hidup. Iya kalau bisnis kita langgeng,kalau bangkrut gimana? Gak sayang dengan jabatan di kantor? Apa keluarga mendukung? Dan lain-lain. Pertanyaan-pertanyaan itu seakan menyesaki batin dan membuat kita enggan keluar dari zona nyaman kita.

banner square (336x280)-2
http://projects.id/bestjobs

Ya,ingin mempunyai dan menjalankan usaha sendiri (self employment) sepertinya idaman banyak orang. Hanya saja banyak diantaranya yang takut memulai,apalagi yg sedang berstatus pegawai/karyawan. Keuntungan dari berwirausaha adalah jam kerja yang fleksibel/tidak mengikat,tidak ada yang memerintah karena kita sendirilah bosnya. Selain itu,income yang didapat unlimited,bergantung dengan produtivitas kita sendiri. Beda dengan karyawan yang gajinya sudah ditentukan oleh manajemen. Akan tetapi,sebelum mengajukan pensiun dini semuanya harus dipersiapkan secara matang. Ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan, antara lain :

  1. Stabilitas Usaha

Ini faktor paling utama yang harus diperhatikan. Sebelum memutuskan pensiun dini pastikan usaha yang sudah kita jalankan selama ini sudah running well, punya prospek berkembang lebih baik, dan bisa menjadi sandaran ekonomi. Jika selama ini hanya kita jadikan sebagai usaha sampingan untuk mendapat income tambahan, maka harus mulai dipersiapkan bisnis plan yang baik. Jika belum,sebaiknya kita perlu menunda dulu rencana pensiun dini.

  1. Ubah Mindset

Kalau selama ini kita masih terbiasa bekerja 8 jam sehari dan libur di akhir pekan,bekerja sesuai prosedur dan mendapat gaji tetap,menunggu perintah atasan. STOP !!! Ubah mindset itu. Sekarang semua bergantung kita sendiri. Kita harus total !!! Siap bekerja anytime dan overtime, produktif dan berinovasi.You’re the boss now….

  1. Financial Planning

Beberapa perusahaan memberikan uang penghargaan/pesangon buat karyawannya yang mengajukan pensiun dini. Jumlahnya lumayan besar, terlebih untuk karyawan yang masa kerjanya sudah lama. Gunakan dana tersebut secara bijak, Begitu juga ketika sudah menjadi self employment. Kita harus pandai-pandai mengatur cash flow untuk biaya hidup, tabungan dan perputaran modal kerja usaha

  1. Dukungan Keluarga

Faktor terakhir dan tidak kalah penting adalah dukungan keluarga.Pastikan bahwa pensiun dini adalah pilihan terbaik buat masa depan kita dan keluarga. Karena ini menyangkut masalah psikologis yang akan berpengaruh terhadap semangat kerja nantinya.

Berani pensiun dini ??? It’s your choice……..

Salam Digitizer, 

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here