Strategi Internet Marketing – Telemarketing, akhir-akhir ini Saya sering mendapat sms dan telepon dari nomor asing yang menawarkan sebuah produk dengan berbagai macam fiturnya. Mulai kartu kredit yang bebas iuran tahunan seumur hidup, asuransi unit link atau produk investasi keuangan valas, produk elektronik dan lainnya. Mungkin kita semua juga pernah mengalaminya. Bahkan kita sendiri juga gak tau darimana mereka dapatkan nomor telepon kita.

Mungkin sebagian dari kita masih bisa memakluminya. Ya, memang banyak cara dilakukan oleh para pemasar dalam memasarkan produknya. Mulai dari menjual secara door to door hingga yang paling mudah, telemarketing.  Para pemasar memang dituntut untuk lebih kreatif dalam memasarkan produknya dengan biaya seminim mungkin. Namun asal kita tahu sebenarnya OJK melarang telemarketing untuk melindungi hak privasi konsumen sebagaimana tertuang dalam Peraturan OJK No 1/POJK.7/2013.

Belum ada penelitian yang valid mengenai seberapa efektifnya pemasaran melalui telemarketing ini. Yang pasti respon pertama yang dirasakan oleh konsumen adalah merasa terganggu, terlebih lagi di jam-jam sibuk.

Nah di era internet yang terus berkembang saat ini, penggunaan internet Marketing merupakan solusi pemasaran produk secara online yang murah dan efektif. Dengan jumlah pemakai internet yang terus bertambah, kita bisa menjangkau calon konsumen dari berbagai penjuru dunia. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam internet marketing, diantaranya :

1. Social Media Marketing, mempromosikan produk kita melalui akun sosial media baik itu FB, Twitter, Instagram, dll. Medianya free dan kita bisa memanfaatkan jalinan pertemanan di akun sosial media kita.

2. Web/Blog Marketing, yaitu dengan membuat web/blog khusus untuk memasarkan produk. Ada yang free atau berbayar, bisa disesuaikan dengan budget. Semakin tinggi traffic blog, semakin dikenal produk kita.

3. Viral Marketing, yaitu dengan mengirimkan broadcast baik berupa pesan ataupun link product melalui email atau messenger chat ke teman,rekan, atau pelanggan yang nantinya bisa merekomendasikan ke netizen lainnya.

Bagaimana, masih mau pakai telemarketing… Think !!!

 

Salam Digitizer, 

 

banner-ss7-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here