strategi menarik konsumen

Strategi Menarik Konsumen — Banyak cara dilakukan pebisnis untuk menarik konsumen. Mulai dari strategi diskon, konten postingan, desain website atau cover di social media, hingga video. Ya, video juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi menarik konsumen. Media audio visual ini juga berperan dalam kesuksesan promosi dan penjualan produk Anda.

Kata kunci dalam strategi menarik konsumen menggunakan video adalah terus menonton. Dengan kata lain, bagaimana caranya untuk menyusun konten video yang membuat kosnumen Anda ingin menonton video dari Anda lagi dan lagi, atau malah menantikan video selanjutnya.

Baca Juga : Indonesia Berpotensi Menjadi Pasar E-Commerce Terbesar di Asia

Strategi Menarik Konsumen – Membuat Konten Menarik

Strategi pertama yang bisa Anda coba adalah membuat konten menarik tentang produk Anda yang dapat menarik konsumen beragam, tak hanya target audience Anda saja. Pilih sebuah momen yang berhubungan dengan semua orang.

Contohnya tertawa bersama teman-teman, pesta bersama atau ketika menonton film favorit bersama-sama. Sehingga ketika mereka tertarik dengan produk Anda dan kemudian siap melakukan pembelian. Tujuan dari strategi ini adalah untuk menyebarkan berita mengenai produk Anda.

Strategi Menarik Konsumen – Mengembangkan Backstory

Selanjutnya, salah satu strategi menarik konsumen menggunakan video adalah dengan mengembangkan backstory. Ya, video produk Anda tidak hanya berbicara tentang produknya, tetapi ada cerita yang dapat menyentuh emosi penonton.

Buat video Anda hidup dengan karakter dan plot. Ciptakan sebuah lingkungan, suasana atau situasi di mana produk Anda digunakan, bukan hanya ditampilkan.

Menilik kata kunci ‘terus menonton’, strategi video bersambung dapat Anda gunakan. Konten berformat bersambung memiliki penontonnya sendiri. Untuk membuat penonton Anda ingin terus menonton video dari Anda, metode cliffhangers bisa digunakan.

Cliffhangers merupakan suatu akhir dari sebuah episode dari suatu cerita yang meninggalkan penonton pada klimaks cerita. Sehingga dengan begitu penonton Anda akan semakin penasaran dengan kelanjutan cerita dari video Anda.

Baca Juga : Strategi Jitu Menghadapi Komplain Pelanggan

Strategi Menarik Konsumen – Berbagi Tips dan Tutorial Produk

Atau Anda juga bisa membagikan tips dan tutorial dalam menggunakan produk yang Anda jual. Contohnya, jika Anda menjual perlengkapan fotografi dan videografi, buat video tentang review produk (misalnya produk tas kamera).

Bisa juga tentang bagaimana cara mengganti lensa kamera. Video-video semacam itu akan menarik konsumen Anda. Daripada mereka mencari sendiri, sediakan informasi bagi mereka.

Strategi Menarik Konsumen – Mengatur Notifikasi Video

Langkah selanjutnya adalah mengatur pop-up website yang berguna untuk memberitahu konsumen Anda tentang video produk baru dari Anda. Strategi menarik konsumen ini cukup ampuh dan banyak digunakan.

Informasi bisa disebarkan melalui email kepada audiens Anda. Atau jika Anda menggunakan YouTube untuk membagikan video produk, audiens secara otomatis akan mendapatkan informasi update terbaru dari Anda jika ia melakukan subscribe pada akun YouTube Anda. Jadi, mengingatkan audiens untuk subscribe akun YouTube Anda perlu dilakukan.

Strategi Menarik Konsumen – Tawarkan Bonus atau Hadiah (Giveaway)

Strategi lainnya yaitu menawarkan bonus atau hadiah bagi audiens Anda. Misalkan Anda berikan giveaway untuk 5 subscribers pertama atau untuk kategori best comments. Dengan begitu, audiens Anda akan merasa usahanya untuk menonton video Anda mendapatkan apresiasi.

Selamat mencoba!

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here