Strategi Internet Marketing – Masih segar dalam ingatan saya bagaimana saya diawal tahun 2015 ini masuk dalam sebuah Komunitas Mobil Ertiga di Surabaya (ERCI), dimana dulunya yang suka single touring pakai motor sekarang lebih seringnya ngajak keluarga jalan jalan bareng sama semua anggota klub. Hal baru dan menyenangkan sekali. Semakin saya sering berkomunikasi, semakin dalam juga saya amati bahwa komunitas ini memiliki kekuatan yang tersembunyi yang bisa menggerakkan sebuah merek. Sebuah hubungan yang harmonis antara pemilik merek dengan para pemilik mobil bisa dijembatani dengan klub mobil ini.

Dengan management yang baik dalam penggunaan social media , komunitas ini secara tidak langsung telah melakukan Strategi Internet Marketing, tidak hanya akan menarik anggota baru tapi juga para sponsor yang tertarik untuk bekerja sama.

Misal, saat ERCI menandatangi MOU kesepakatan dengan pihak Pertamina Lubricant untuk mendorong produk olinya yaitu Fastron dan Mitra Bengkelnya yaitu Olimart. Atau juga saat klub tercinta kami bekerja sama dengan sebuah dealer besar mobil Suzuki. Itu semua dilakukan dengan harapan adanya hubungan simbiosis mutulisme. Banyak keuntungan yang muncul dengan adanya kerja sama ini untuk kedua belah pihak.

Apa yang membuat para pemegang merek tadi ingin bekerja sama dengan ERCI ? apa keuntungan buat mereka ? menurut saya dua hal penting yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan pemegang merek untuk bekerja sama dengan komunitas adalah

1. Loyalitas Pelanggan

Sebuah komunitas adalah sebuah kendaraan besar, dimana setiap informasi yang terkait dengan komunitas tersebut akan dibicarakan oleh semua anggota dan bisa jadi diikuti oleh setiap anggota. Misal, di ERCI yang sering dibicarakan adalah soal perawatan dan modifikasi mobil. Nah ini adalah ceruk bagi pemilik merek untuk bisa mengedukasi target secara fokus. Karena sudah pasti membutuhkan, tinggal bagaimana caranya memberikan edukasi dan benefit produk bagi para anggota komunitas tadi.

2. Value News

Pemilik merek akan mendapatkan positive impact dari kekuatan berita yang dimunculkan dalam setiap kegiatan komunitas ini. Dimana setiap kegiatan akan dipublikasikan dalam semua media online ERCI, mulai dari Website Erci,social media seperti Twitter , Instagram dan FB group. Dengan begitu para pemegang merek bisa numpang beriklan secara “gratis” dan tentunya jauh bernilai dari segi efisiensi dari pada berpromosi di tempat lain.

Itulah kenapa, kemampuan management dalam mengolah berita sebuah komunitas sangat penting bagi keberadaan komunitas. Bahkan dalam struktur organisasi komunitas seharunya peranan media center ini tidak ditinggalkan. Tidak hanya fungsi informasi bagi bagi anggotanya tapi juga bagi calon calon sponsor yang tertarik untuk bekerja sama didalam setiap kegiatan komunitas ini. Semuanya bisa dimulai dengan penggunaan Social Media, sebagai kendaraan media untuk mentransfer semua informasi ke khalayak umum.

Bisa jadi banyak hal yang dipertimbangkan oleh pemilik merek, tapi bagi saya sebagai anggota atau bisa jadi bagi komunitas saya, simbiosis mutualisme adalah prioritas utama dalam menjaga kelanggengan sebuah kerja sama .

 

Salam Digitizer,

#ThinkFamily,ThinkErci

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here