Perang Digital

Perang Digital – Kembali lagi kesoal Harga Jual elemen Integrated Digital Marketing yang pernah saya ulas di artikel sebelumnya. Bahwa dalam hal ini yang sering dirupakan sebuah website, yang pasarannya hanya sejutaan dan banyak anak lulusan informatika atau yang sekarang lagi marak digalakkan di SMK yaitu jurusan DKV (Design Komunikasi Visual) juga ternyata kadang sudah banyak bisa kalau sekedar bikin Website, Bikin Akun Social Media. Atau tanpa basic itupun hari gini semua orang sudah bisa jualan diforum atau marketplace gratisan kayak OLX, Buka Lapak dan Kaskus. Kalau mau naik level dikit sudah banyak juga yang udah nikmatin hasil dari Google Adsense, Pay Per Click, Pay Per Review atau Pay Per View.

Ya sebenarnya itu semua adalah remahan remahan yang jika dikumpulkan menjadi satu akan menunjukkan jalan ke rumah Hansel and Gretel , eh maksud saya ke target market yang tepat hehehe.

Perang Digital Itu Nyata, Dan Kita Jangan Pernah Takut Untuk Menyiapkan Senjata Senjata Terbaik Untuk Membendungnya, Karena Cepat Atau Lambat Perang Itu Akan Menghampiri Bisnis Yang Sedang Kita Bangun.

Ibaratnya market kita sekarang adalah sebuah medan perang, untuk itu kita harus “berperang” dengan senjata yang tepat. Artinya, kalau hanya ngejar BISA JUALAN saja semua orang sekarang sudah bisa melakukannya, semua orang sudah berubah menjadi “Sapi Pasaran”. Tapi bukan kita… Kita harus beda, kita harus jadi Sapi Ungu, dan kalaupun sudah banyak sapi ungunya kita harus berubah jadi Sapi Pink (serius), karena kita gak hanya sekedar bisa jualan, kita membangun sebuah bisnis, membangun nafas panjang, sebuah bentuk konsistensi, bukan sekedar ikut ikutan trend atau musiman, bahkan kita bisa menciptakan sebuah trend baru jika memang fokus membangunnya.

Dalam perang digital ini, peranan inovasi sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi setiap perubahan. Istilah lamanya “Gak akan mungkin bisa mengharapkan hasil berbeda kalau cara yang dipakai sama dan berulang”. Karena menurut saya  aktifitas terbaik dalam bisnis yang boleh diulang itu hanya satu yaitu REPEAT ORDER selain itu jangan dech hehehe.

Oke, kita akan bahas satu persatu senjata senjata yang harus kita siapkan dalam sebuah perang digital.

SENJATA PERTAMA – PERANG DIGITAL

Diawal sebuah perang digital akan di mulai dengan adu website, ada yang sudah punya ? Oke kalau belum lekas bikin dech kalau punya usaha hehehe kalau sudah punya bagus kalau gitu … Saya acungin 10 Jempol Kalau yang udah bikin saya juga mau tanya lagi nich.

Perang Digital
Web Development tidak hanya berhenti seteah web anda terpublish – Kinetic.id

Buat apa bikin website …? (Dan survey membuktikan) Banyak jawaban sebagai Web Profile, yah itung itung pengisi kartu nama biar agak penuhan dikit ehehehe

Gampang ditemukan gak websitemu ? Banyak yang visit ke web gak ? (Dan survey membuktikan ) Banyak yang gak tau webnya gampang dicari atau gak dan kadang juga gak tau gimana caranya dan lewat mana orang bisa datang ke website yang dipunya

FAKTA WEBSITE

  1. Sebuah etalase online yang memiliki output BIG DATA dengan tools analisa yang presisi dan detail
  2. Bisa memetakan demografi target market untuk menjadi landasan keputusan
  3. Semua widgetnya seperti kantong Doraemon, yang bisa menyediakan apa saja yang kita mau
  4. Bisa memiliki peran ganda, jika tidak sedang jadi etalase online website menjadi jangkar yang mengikat tools online yang lain untuk bergerak secara grouping, bisa juga sebagai sumber traffic untuk mendatangkan prospek klien
  5. Tempat berkumpulnya semua senjata online ehehehe

BacaJuga: Kumpulan Artikel Mengenai Web Development 

 

SENJATA KEDUA – PERANG DIGITAL

Content Digital Marketing, yaiyalah mas bro mau jualan ya pasti butuh content marketing masak nggak … Jadi content marketing apa dong ? Penawaran atau quotation ? Brosur ? Katalog ? Ya gak ada yang salah sich, tapi material tadi kurang tepat penggunaanya jika dipaksakan dalam sebuha perang digital.

Dalam content digital marketing pada dasarnya akan melakukan tugas yang sering kita kenal dengan istilah AIDA , yaitu mulai dari pengenalan utk mendapatkan perhatian (Attention), membentuk sebuah keinginan (Interest), membangkitkan keinginan untuk membeli (Desire) dan memancing untuk segera bertindak (Action).

perang digital
Isu-isu bukan tisu-tisu mengenai Surabaya, Opini-opini Surabaya yang “yes” gak pake “oh”, Mari kita bicara, jangan menguap – Suroboyo.id

FAKTA CONTENT MARKETING

  1. Berbentuk digital; text, image, video, audio atau kombinasi keempatnya
  2. Mudah disebarkan dan didistribusikan melebihi batas geografi tanpa hardcopy
  3. Membawa pesan yang jelas (Clear Message) tidak bias
  4. Mengarah ke target dengan cara tepat waktu, pribadi dan relevan
  5. Bisa disetting automatis (ini yang paling saya suka)

 

SENJATA KETIGA – PERANG DIGITAL

Nah saat etalase onlinenya sudah jadi, isinya pun sudah dibuat maka kita butuh tools untuk mempromosikannya, ya barulah peranan dari SOCIAL MEDIA MARKETING kita pakai. Tidak hanya sekedar Hardsale tapi sifatnya masih harus informatif dan bedakan antara profile bisnis dengan pribadi. Kalau gak dibedakan Facebook gak akan bikin Facebook Page, atau Google+ gak akan memunculkan Google+Page . Ya fungsinya sama untuk membedakan antara user personal dan corporate atau usaha. Dan tentunya lebih menunjukkan lebih profesional karena content didalamnya hanya berisi content bisnis.

Nah karena tidak boleh Hardsale apa dong isinya ? sama sich berupa informasi produk atau jasa, review produk, tanya jawab dimana fungsinya lebih ke arah customer service. Objectivenya untuk membentuk sebuah komunitas yang relevan dengan produk kita. Dengan begitu ada keterikatan emosional antara brand yang kita punya dengan calon PELANGGAN POTENSIAL .

Jadi, misal di FBpage diawal bikin kita sudah disarankan untuk mensetting target market kita, ya berdasarkan persepsi awal boleh atau bisa jadi berdasarkan BIG DATA dari visitor Website. Kita bisa memilih mau Promo di Surabaya saja karena produk kita agak susah kalau pakai ekspedisi. Atau Promo hanya ke pemilik Iphone 6 saja karena produk yang kita jual bersifat premium dll.

Trus kita gak boleh pasang produk dan harga di Social Media ? Boleh dunk tapi ada tempatnya sendiri, misal kalau di FBpage posisinya ada di “ADD STORE” ( utk detail Bagaimana Jualan Di FB Page Kita Bahas Lain Waktu). Bahkan kita boleh mengiklankannya dengan Skema 3T yaitu TEPAT – TERJANGKAU – TERUKUR .

TEPAT karena kita bisa menentukan untuk siapa iklan ini mau dibaca, bukan kayak pasang iklan dikoran yang bisa siapa saja baca iklannya ma itu target atau gak.

TERJANGKAU karena panel yang disediakan mudah relatif murah, kita bisa pasang iklan di FBads mulai dari 10rb/day dan kalau mau bonus Instagram bisa pakai yang 15rb/day .

TERUKUR karena semua insight yang didapat bisa kita ukur hasilnya dengan begitu kita bisa tau efektif atau tidak iklan ini, tepat atau tidak targetnya. Semuanya ditracking dengan kode khusus yang kita sebut dengan FACEBOOK PIXEL.

perang digital
“Internet Marketing dan Social Media Marketing adalah perpaduan yang solid untuk menyokong keberadaan sebuah Bisnis Online – TWPspecialist

FAKTA SOCIAL MEDIA MARKETING

  1. Fungsinya sebagai Customer Service bukan Salesman
  2. Informasi yang diberikan bisa fokus ke salah satu elemen Demografi saja
  3. Hanya gunakan social media yang memiliki sifat PUBLIC dan yang bisa kita handle secara KONSISTENSI KONTEN.
  4. Hampir sama dengan Website dalam menghasilkan BIG DATA, social media pun demikian meskipun tidak terlalu detail tapi sudah bisa dijadikan acuan pengambilan keputusan
  5. Dengan TRACKING yang jelas, kita bisa tau profile siapa yang baca, hanya baca aja atau banner kita diklik, Terus diklik aja atau mereka masuk ke Link Chart utk belanja dll .

BacaJuga: Kumpulan Artikel Social Media Marketing

SENJATA KEEMPAT – PERANG DIGITAL

Search Engine Optimization (SEO) pernah denger gak ? Gampangnya adalah, bagaimana cara paling mudah cari informasi di Internet ? Biasanya banyak yang jawab Tanya Mbah Google Aja. Padahal sebenarnya yang “pintar” itu bukan Google nya tapi kawan kawan yang menyediakan konten informasi dan kebetulan muncul di halaman pertama saat kita ketikkan kata di Google Search.

Nah optimasi itu adalah aktifitas untuk mengusahakan website kita muncul dihalaman pertama saat saat ada kata atau lebih sering disebut dengan sebutan “keyword” diketikkan di kolom Google Search.

Dulu memang akan banyak skill coding yg dipakai, tapi sekarang Black Hat Coding mungkin lebih banyak dipakai buat meretas aplikasi yang berat, kalau sekedar untuk SEO di Google, Yahoo atau Bing kita tidak sepenuhnya menggunakan hal tersebut. Semuanya bisa dilakukan dengan lebih HUMANIZE , karena dari Google sendiripun telah banyak melakukan perubahan algoritma dari Search Enginenya.

perang digital
Saat etalase online kita selesai dibuat, pertanyaan berikutnya adalah, apakah etalase itu mudah ditemukan oleh pelanggan – Infodigimarket

FAKTA SEO 

  1. Content is the king, menulislah utk manusia jangan buat robot hehehe
  2. Dibutuhkan analisa keyword yang tepat untuk mendongkrak website kita
  3. Search engine masih dikuasai Google, meskipun sekarang punya Microsoft Bing sudah mulai naik daun, sedangkan Yahoo Search di Indonesia sudah mulai rendah usernya, jadi memang utk saat ini kita akan berkiblat ke algoritma google

BacaJuga: Kumpulan Menarik Mengenai SEO

PERANG DIGITAL – SENJATA KELIMA

Search Engine Marketing (SEM), jika ditanya soal SEO pasti udah mulai bisa kan ya hehehe nah apa bedanya sekarang dengan SEM. Bedanya adalah letak fokusnya, Kalau di SEO kita fokus ke semua Search Engine yang ada dan kemungkinan akan sedikit melakukan aktifitas coding di beberapa panel backend di website kita. Di SEO pun yang dikejar tak hanya Google, tapi hampir semua search engine yang memiliki peluang meningkatkan popularitas website, misal; Yahoo Search, Microsoft Bing, Altavista dll

Sedangkan SEM, adalah beberapa aktifitas yang mendukung pemasaran produk atau jasa yang kita punya yang hanya fokus ke search engine yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia atau bersifat lokal, seperti Google. Jadi kita akan fokus menyesuaikan dengan perubahan, tools, algoritma yang ada di google untuk memasarkan web kita.

FAKTA GOOGLE

  1. Sudah hampir 10 Algoritma yang sudah direlease Google
  2. Google mengeluarkan Google My Business yang berisi konten lengkap utk kebutuhan usaha kecil, termasuk salah satunya menambah modul Google Map dalam setiap hasi pencarian di Google Search.
  3. Untuk menganalisa keyword, Google mengeluarkan tools Google Keyword Planner
  4. Dengan Memasang Iklan Di Google Menambah Tingkat Eksistensi Website Di Search Engine

Nah gimana makin bingung, kalau gak, agak aneh sich hehehe karena seharusnya bingung ehehe. Tapi jika kalian bisa mempelajari senjata senjata maut yang ada dalam daftar ini, dan bisa memanfaatkannya dalam setiap medan perang digital, tentunya akan sangat menguntungkan bagi bisnis kalian.

BacaJuga: Kumpulan Artikel Strategi Internet Marketing Untuk Pengembangan UKM Indonesia 

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here