SBR 002

Minggu lalu saat saya bertemu dengan kawan saya yang bekerja disalah satu Bank Plat Merah (baca BRI hehehe) ditengah obrolan santai berlanjut ke obrolan agak berat saat dia saya tanya mengenai investasi apa yang lagi trend saat ini. “Cobain SBR 002 bro, produk investasi baru dari pemerintah” kata dia. Saya pun mulai karena memang ini diluar pengetahuan saya. Apa sich SBR 002 ? Mengutip situs Kementrian Keuangan RI , “SBR (Savings Bond Ritel) adalah pengembangan dari Instrumen Obligasi Negara kepada investor ritel yang bertujuan untuk memperluas basis invsetor ritel dan diversifikasi instrumen”.

BacaJuga: Belum Bekerja Sampai Sekarang ? Freelance Aja !

Kalau pernah dengar instrumen negara yang benama ORI , nah SBR ini berbeda, kalau ORI memiliki nilai kupon tetap sedangkan SBR 002 memiliki kupon mengambang dengan kupon minimal (Floating With Floor) yang akan dibayarkan setiap bulannya. Untuk menelaah lebih detail, berikut ini adalah bagan perbandingan antara SBR 002 dengan instrumen investasi lain.

SBR 002
Bagan perbandingan SBR dengan investasi lain, Sumber: Kemenkeu RI

 Rangkuman karakteristik SBR 002 sebagai berikut :

  1. Nilai pembelian minimal 5 juta maksimal 5 milyar dengan masa penawaran 28 April – 19 Mei 2016 dan tanggal jatuh temponya adalah 20 Mei 2018 (Dana diblok selama 2 tahun)
  2. Kupon mengambang dengan nilai minimal yang akan disesuaikan setiap 3 bulan minimal 7,25% perbulan yang akan dibayarkan setiap tanggal 20 setiap bulannya.
  3. Pembayaran kupon dan pokok diatur oleh Undang Undang dan SUN dan dananya disiapkan setiap tahun dalam APBN
  4. Tidak dapat diperjual belikan tapi dapat dicairkan sebelum masa jatuh tempo yaitu pada periode 1-14 Juni 2017 dan akan dicairkan pada tanggal 20 Juni 2017.
  5. Memberikan kesempatan kepada masyarakan untuk ikut serta dalam pembangun nasional seperti salah satunya Konservasi Hutan Mangrove
BacaJuga: Apakah Harga Emas Hari Ini Menguntungkan ?

Nah karakter yang no 5 inilah yang ada hubungannya dengan pelestarian lingkungan, terlihat dari Slogan SBR 002 kali ini yaitu “Investasi Aman, Pesisir Nyaman” dimana tujuan peluncuran SBR 002 ini adalah untuk rehabilitasi Hutan Mangrove di Pesisir Pantai Indonesia. Simak video berikut ini.

Bagaimana semoga semakin paham dan kita semakin tertarik untuk ikut serta berinvestasi sekalian turut mendukung proses pembangunan nasional. Nah kalau sudah pengen silahkan menuju ke 18 perbankan dan 4 sekuritas yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk menjual SBR 002.

SBR 002
Berikut adalah 18 Perbankan dan 4 Sekuritas yang menjual SBR 002 , Sumber Kemenkeu RI

Yuk langsung ke bank masing masing, mumpung masih dibuka lho penjualannya. Semoga kita bisa mendukung program Pemerintah yaitu Menuju Masyarakat Investasi. Jika ada yang masih kurang dipahami mengenai instrumen investasi SBR 002 ini langsung tulis saja di kolom komentar ya.

BacaJuga: Kumpulan Informasi Internet Marketing Untuk Pengembangan UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here