rahasia social media marketing

Rahasia Social Media Marketing — Ketika membahas mengenai social media marketing, banyak orang beranggapan bahwa mengisi profil social media mereka dengan penjualan dan promosi adalah hal yang tepat. Sayangnya, hal ini tidak lagi berlaku.

Metode pemasaran baru saat ini berfokus pada membangun hubungan dengan banyak orang, mengidentifikasi masalah, menyediakan dan membagikan cerita-cerita yang berkualitas.

Baca Juga : Ketahui Keuntungan Internet Marketing Sebelum Memulai Bisnis Online

Mari kita simak bagaimana membangun bisnis online, terutama dalam ranah social media marketing. Yang perlu diingat, social media marketing terdiri dari 3 level : Social, Media, dan Marketing. Simak yuk penjelasan mengenai rahasia social media marketing berikut ini.

Rahasia social media marketing

Social

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah berinteraksi. Atau being social. Melalui social media, anda bisa melakukan riset pasar tentang siapa target konsumen anda dan apa yang mereka inginkan. Banyak cara untuk berinteraksi, misalnya dengan Facebook. Seperti yang kita ketahui, Facebook memiliki berbagai fitur yang memudahkan kita untuk berinteraksi. Mulai dari fan pages, group, hingga private message. Bangun kedekatan antara anda dengan konsumen anda melalui sapaan atau membagikan pengalaman anda pada mereka.

Baca Juga : Social Media Marketing Dalam Sebuah Komunitas

Media

Hal terpenting selanjutnya adalah tentang konten atau isi dari apa yang anda publish atau bagikan di social media anda. Sebaiknya isi dari postingan anda tidak melulu berkisar pada penjualan dan promosi. Selain itu, memastika semua postingan memiliki nilai atau manfaat untuk pengunjung social media anda. Fokus pada konten penjualan dan promosi hanya akan membuat pengunjung social media anda kehilangan minat untuk kembali mengunjungi social media anda.

Gunakan konsep 80/20 dalam membagikan konten dalam social media anda. 80/20 ini maksudnya adalah 80% konten yang anda bagikan di social media anda berisi materi yang sekiranya bermanfaat bagi banyak orang. Misalnya saja postingan blog, tips, video, e-book gratis, hiburan, kutipan-kutipan menginspirasi dan lain-lain.

Sedangkan 20% sisanya gunakan untuk membagikan konten penjualan dan promosi. Rugi dong, jualan gak laku. Tidak juga. Ini merupakan strategi untuk menjalin kedekatan dengan target konsumen anda. Tak cukup hanya memahami siapa dan apa yang target konsumen anda inginkan, tapi juga mewujudkan langkah nyata melalui pengelolaan konten social media ini. Dengan begitu, kemungkinan untuk orang-orang kembali mengunjungi social media anda akan terbuka lebar dan tentunya produk anda bisa dipasarkan.

Marketing

Langkah terakhir mencakup usaha membangun awareness sehingga anda beserta bisnis anda dapat diketahui oleh banyak orang. Langkah mudah yang dapat anda lakukan adalah memperoleh banyak like pada Facebook page anda. Mula-mula yang perlu anda lakukan adalah mengundang teman-teman anda yang ada di kontak Facebook anda untuk bergabung dalam Facebook page anda.

Langkah lainnya yang bisa anda pertimbangkan adalah menggunakan iklan di social media. Contohnya mengiklankan melalui Google AdWords, Bing Ads, iklan web banner, Facebook ads dan lain-lain. Iklan merupakan cara yang sangat berguna untuk menyasar khalayak luas dengan demografis berbeda, seperti usia, minat, lokasi, dan lain-lain.

Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan social media marketing?

Baca Juga : Strategi Internet Marketing Untuk UKM Indonesia




Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 2 =