promosi brand

Promosi Brand — Salah satu dari konsep 3P pada brand positioning adalah Promotion. Ya, promosi juga memegang peran penting dalam hal pemasaran. Mempromosikan brand mencakup memunculkan awareness, mengatur persepsi tentang brand dan memantau reputasinya.

Selain itu, dalam promosi juga membangun personality yang dapat meningkatkan aktifitas promosi. Melalui aktifitas promosi ini juga bisa menekankan serta menguatkan brand image yang kita bangun untuk bisnis tersebut.

Ketika kalian berencana menyasar pasar yang lebih luas, pastikan konsisten dengan image yang ingin ditampilkan sejak awal.

Baca Juga : Membangun Personal Branding Untuk Berbisnis

Tips untuk promosi brand yang efektif.

Don’t just “sell”, tell. Jangan hanya menjual tanpa memberikan informasi mengenai brand tersebut. Tulis kata-kata yang menarik namun tetap sesuai dengan kenyataannya. Dengan begitu brand anda akan terlihat menarik.

Relasikan brand dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Gunakan checklist untuk membantu pelanggan anda menilai apakah mereka telah dilayani dengan baik. Melalui infografis, postingan blog serta video juga mampu membantu mereka memahami bagaimana brand anda dapat membantu mereka.

Bangun relasi. Membangun relasi dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan atau calon pelanggan. Untuk itu, ada baiknya anda membangun relasi dengan brand yang sudah berkualitas. Hal itu dapat mambangun kepercayaan pelanggan lebih cepat dan mengangkat brand anda.

Baca Juga : Industri Kreatif Indonesia Yang Menjadi Trending Topic

Promosi brand yang sangat baik. Untuk itu, ada 3 hal yang perlu ditekankan dalam melakukan promosi. Pertama, promosi harus bisa membuat pelanggan atau calon pelanggan mengenali (recognize) brand anda. Hal tersebut dapat dilakukan melalui logo, grafis, tagline dan taktik creative marketing untuk membuat awareness terhadap brand. Kedua, buat pelanggan atau calon pelanggan mengingat (remember) bisnis anda melalui brand anda. Gunakan logo, grafis, tagline serta taktik creative marketing secara konsisten sehingga pelanggan akan “terus diingatkan”. Terakhir, bisa menunjukkan bahwa anda menghormati (respect) pelanggan. Brand yang terpercaya adalah brand yang menghormati pelanggannya.

Menjalin komunikasi yang baik. Komunikasi yang dimaksud tidak hanya seputar promosi, namun juga bagaimana bisnis anda merespon complain pelanggan. Bagaimana image dari brand tersebut ditampilkan di media sosial juga termasuk cara menjalin komunikasi yang baik. Untuk itu, sangat disarankan anda membuat perencanaan promosi bagi brand anda dan memastikannya selalu update.

Semoga tips di atas membantu ya, kawan. Kalau ada yang punya tips lain bisa disampaikan di komentar

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here