Seperti yang sempat dibahas dalam artikel Infodigimarket sebelumnya bahwa ada Tiga kelompok faktor yang bisa mempengaruhi peringkat website kita di mata Google yaitu:

1. Optimasi OnPage
2. Optimasi OffPage
3. Optimasi Side-wide

Optimasi OnPage ini meliputi semua hal yang bisa kita lakukan secara fisik pada halaman web atau konten seperti: penggunaan kata kunci, panjang konten, optimasi serta update konten, link (internal link, outbound link, URL keyword).

Nah sekarang kita akan mengulas apa sih faktor – faktor yang bisa kita lakukan pada Optimasi OffPage?

Google dalam mengindeks dan menentukan peringkat juga melihat faktor – faktor yang ada di dalam optimasi OffPage. OffPage adalah faktor yang ada di luar website Kita. Aspek penting OffPage yang harus kita berikan perhatian lebih antara lain adalah:

Links

Google menganggap link sebagai sebuah tingkat kepercayaan, ketika terdapat link berkualitas mengarah ke website Anda, maka berarti ada user atau webmaster lain yang menganggap website Anda informatif. Jika link ini bisa Anda dapatkan maka akan sangat berpengaruh positif terhadap peringkat website Anda di mata Google. Hal – hal yang lebih spesifik mengenai link yang harus kita perhatikan antara lain:

  • Jumlah domain yang mengarah ke website Anda : Seperti yang sudah kita singgung di awal bahwa Google menggunakan backlink sebagai tingkat kepercayaan. semakin banyak domain yang mangarah ke website kita = peringkat yang lebih baik.
  • Jumlah Link halaman website: Kita mungkin pernah menjumpai terdapat beberapa domain yang mengarah ke website kita beberapa kali, dan itu memang secara keseluruhan akan memberikan dampak positif. Tetapi akan lebih baik lagi jika terdapat halaman web berbeda yang mengarah kembali ke website Anda. Setiap backlink dari setiap halaman web terhitung sebagai vote, jadi semakin banyak halaman web yang mengarah ke konten Anda = lebih banyak vote = peringkat yang lebih baik.
  • Peringkat Link Halaman Web: tidak semua website serta page adalah sama. Beberapa page dan domain memiliki peringkat atau rangking yang lebih baik. Alangkah baiknya jika website Anda memiliki backlink dari halaman atau website yang memiliki PR (Page Rank) tinggi. Usahakan Anda mencari website yang berkualitas untuk dijadikan backlink.
  • Relevansi Link: Coba bayangkan jika website Anda mengulas tentang baju muslim tetapi banyak sekali link dari website reparasi mobil! Apakah mungkin Google akan menganggap link tersebut berkualitas? jawabannya adalah TIDAK! Link dari halaman website yang memiliki relevansi dengan web Anda memegang peranan penting dalam penentuan peringkat.
  • Link Halaman Beranda (Home Page): Menurut beberapa teori SEO, link yang berasal dari beranda website atau yang sering dikenal dengan homepage akan memiliki bobot yang lebih dibanding link yang berasal dari halaman web di domain yang sama.
  • Otoritas Domain: Otoritas atau kewenangan domain yang mengarah ke website Anda juga merupakan faktor penentuan peringkat. Link ini sangat signifikan mengangkat peringkat Anda di mata Google.
  • Keragaman Link: keragaman serta tipe link yang mengarah ke website Anda juga berpengaruh terhadap peringkat. Ini berlaku sejak diluncurkan Google Penguin. Terlalu banyak link yang mirip maka akan terkesan “spammy” dan tentunya akan memberikan dampak yang negatif. Sebagai contoh: jika Anda memiliki banyak sekali link yang berasal dari beranda/homepage dan tidak ada yang berasal dari halaman lain, ini akan dianggap sebagai spam. Google sebenarnya tidak menganjurkan untuk melakukan link building, biarkan link – link tersebut tumbuh secara natural atau organic.
  • Link DoFollow vs NoFollow: Google tidak memperhitungkan link NoFollow. Jika website memiliki banyak sekali link NoFollow dan sedikit sekali link DoFollow, maka ini akan memberikan dampak kepada peringkat website Anda.
  • Anchor Link dan Contextual Link:
    Link yang ditempatkan di dalam konten memiliki tingkat relevansi lebih dibandingkan yang ditempatkan di side bar. Di lain sisi terlalu banyak keyword dengan anchor link akan terlihat sebagai spam, dan ini akan mempengaruhi peringkat website.

Mention Media Sosial

Banyak sekali website – website perusahaan maupun organisasi memiliki akun media sosial dan aktif menggunakan fitur mention seperti: Facebook Likes, Share, Tweet, ReTweet, Google +1, Share LinkedIn bahkan di platform sosial lainnya seperti YouTube, Pinterest dan lain sebagainya.

Menurut Google untuk meningkatkan peringat website, Anda cukup berkonsentrasi pada optimasi OnPage dengan menulis konten berkualitas dengan harapan orang lain akan memberikan backlink sebagai referensi.

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × four =