personal branding di social media

Personal Branding — Halo, Digitizer! Pasti sudah pada tau kan tentang personal branding? Untuk yang belum tau, personal branding merupakan suatu cara yang dilakukan untuk menunjukkan ciri khas seseorang. Nah, yang akan InfoDigi bahas kali ini adalah personal branding di social media.

Seperti yang kita ketahui, social media merupakan media yang banyak orang menggunakannya dewasa ini. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram hingga LinkedIn merupakan social media yang bisa kalian pilih untuk memulai personal branding. Yang terpenting dari personal branding melalui social media adalah segala hal yang kalian tampilkan di social media tersebut mendeskripsikan dirimu.

Lantas, bagaimana caranya mulai merancang personal branding di social media? infoDigi punya beberapa tips nih.

Baca Juga : Aplikasi bima+ Telah Resmi Dilaunching dan Tersedia si Goople Play Store

Personal Branding di Social Media — Nama

Ada apa sih sama nama? Nama adalah identitas pribadimu. Jadi usahakan kalian mencantumkan nama asli di semua social media yang kalian gunakan. Selain itu, dengan melakukan hal ini, kalian memudahkan setiap orang yang ingin mencari informasi tentangmu di social media.

Sebagai contoh, kita bisa lihat akun Instagram milik Astrid. Pelantun lagu “Aku Bisa Apa” tersebut menuliskan nama lengkapnya pada profil akun Instagram. Diikuti oleh informasi lainnya, seperti pekerjaan dan kegiatannya saat ini.

personal branding
Profil instagram Astrid @astridbasjar
Personal Branding di Social Media — Perbarui Profil

Hal kedua yang perlu kalian lakukan adalah memperbarui profil di social media secara berkala. Mulai dari deskrisi, biografi hingga foto profil pastikan telah diperbarui secara berkala. Mengapa ini penting? Tujuan dari perbaruan ini adalah untuk meyakinkan orang lain bahwa akun social media yang kalian miliki merupakan akun asli kalian. Bukan akun buatan (fake).

Selain itu, dengan pembaharuan informasi di social media, orang juga lebih mudah mengetahui apa yang sedang kalian tekuni saat ini. Biasanya perusahaan juga melihat akun social media untuk mengenal calon karyawannya.

Baca Juga : Membangun Personal Branding Untuk Berbisnis

Personal Branding di Social Media — Passion

Akan lebih keren lagi kalau kalian bisa menemukan passion dan memposting banyak hal terkait passion kalian. Tujuan dari hal tersebut adalah memunculkan ciri khas dari diri kalian. Misalnya kalian menyukai fotografi, unggah hasil jepretan kameramu ke social media.

personal branding
Astrid mengunggah kegiatannya

Contohnya seperti gambar di atas. Astrid sebagai seorang penyanyi selalu mengunggah kegiatan menyanyinya. Dengan begitu, orang juga memahami bahwa Astrid adalah seorang penyanyi. Tak hanya dari info di profilnya, namun juga melalui postingannya.

Sama halnya dengan Astrid, jika kalian memiliki passion dalam bidang hand lettering misalnya, unggah hasil karya hand lettering itu ke akun social media kalian!

Personal Branding di Social Media — Grup dan Komunitas

Bergabung dengan grup dan komunitas yang sejalan dengan passionmu akan sangat membantu. Dengan berinteraksi secara aktif di group dan komunitas tersebut, orang-orang akan mengenalmu. Serta hal tersebut juga member kesempatan bagi orang lain untuk melihat potensimu.

Personal Branding di Social Media — Media

Nah, soal media nih. Kalian perlu memilih media yang tepat untuk mendongkrak personal branding yang kalian bangun. Bisa mengintegrasikan semua social media yang sedang populer saat ini. Akan tetapi memaksimalkan salah satu social media dulu juga bukan masalah.

Bagaimana? Sudah mulai melakukan personal branding di social media? Kalau belum, tips di atas patut dicoba. Seperti biasa, silahkan share pengalaman dan pertanyaan di kolom komentar.

Baca Juga : Artikel Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 5 =