pembayaran google adsense - logo
pembayaran google adsense - logo

Pembayaran – Google AdSense menerapkan aturan yang berbeda-beda kepada tiap negara untuk melakukan pencairan atau pembayaran komisi. Dulu, publisher Adsense di Indonesia hanya bisa melakukan pencairan melalui cek yang dikirim ke alamat masing-masing. Metode ini merepotkan, karena memerlukan waktu yang lama untuk menunggu kedatangan cek. Selain itu juga jika publisher pindah alamat dari yang telah didaftarkan di Google maka cek tidak akan pernah sampai.

Karena kendala itulah, Google berinovasi dengan tujuan untuk mempermudah pembayaran dan pembagian komisi bagi para publishernya. Ada 3 (tiga) metode yang ditawarkan Google AdSense. Melalui transfer kawat ke rekening bank, melalui Western Union dan yang terakhir melalui cek, tentunya. Namun kali ini akan dibahas terlebih dahulu pembayaran melalui transfer lawat ke rekening bank.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Memasang Iklan di Google AdSense

Jika Anda baru dalam menjalankan Google AdSense, dan belum mengetahui bagaimana cara melakukan pengaturan metode pembayaran, ikuti langkah-langkah berikut ini:

• Masuk ke akun Google AdSense Anda. Klik ikon Roda Bergerigi dan Klik Setelan, pilih Pembayaran.

• Pilih metode yang Anda gunakan, Transfer Kawat ke Rekening Bank, Western Union, atau Cek. Untuk masing-masing penjelasannya, sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Mengubah Akun Hosted Mejadi Non-Hosted

1. Transfer Kawat (Wire Transfer) ke Rekening Bank

Metode ini memungkinkan Anda menerima dana secara langsung ke rekening Anda. Google akan mengirim penghasilan Anda dalam mata uang Dolar AS atau Euro, bergantung pada mata uang akun Anda, melalui transfer kawat internasional ke bank yang Anda pilih.

pembayaran google adsense - transfer - 1
pembayaran google adsense – transfer – 1

Sertakan nomor rekening Anda dan kode SWIFT-BIC dari bank yang Anda tuju. SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) adalah alphanumeric unik yang panjangnya sesuai dengan international standard untuk mengidentifikasi institusi keuangan. Biasanya SWIFT addres memiliki panjang 8 hingga 11 karakter. SWIFT juga sering disebut sebagai BIC (Bank Identifier Code). Tanyakan kode SWIFT-BIC kepada bank yang bersangkutan.

Baca Juga : Hosted dan Non-Hosted Account di Google AdSense, Apakah Perbedaannya?

Namun saat ini ada juga yang sudah tidak membutuhkan kode SWIFT-BIC, seperti pada gambar di bawah ini:

pembayaran google adsense - transfer - 2
pembayaran google adsense – transfer – 2

Isi kelengkapan data Anda sesuai kolom yang tersedia. Kemudian klik Simpan atau Save.

Pembayaran menggunakan transfer kawat memerlukan verivikasi data yang bersangkutan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan dan meningkatkan kepercayaan antara Google AdSense dengan Anda sebagai publishernya. Cara verivikasi akan dibahas pada artikel selanjutnya.

 

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia
Salam Digitizer,
banner-ss7-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here