Fitur Terbaru Facebook – Saat saya menulis artikel ini kondisi Facebook buat saya sedikit mengkhawatirkan. Bukannya nakutin ehehe, tapi semenjak perubahan yang dilakukan Facebook di tahun 2012 terhadap Fans Page dengan format terbaru bernama Facebook Fans Page Timeline. Dan ternyata perubahan ini sedikit membuat pertumbuhan Facebook di Indonesia sedikit lambat.

Buka karena perubahannya buruk tapi lebih banyak karena beberapa fitur terbaru facebook belum banyak dipahami secara mendalam oleh banyak pebisnis online. Membuat beberapa pebisnis online “mulai menyerah” dengan kemampuan Facebook untuk mendongkrak bisnisnya.

Dan sayangnya, banyak juga saat ini jika sudah bisa pasang iklan di facebook sudah dianggap paham bener mengenai fungsi facebook marketing.

BacaJuga: 3 Kesalahan Besar Saat Menggunakan Facebook Ads

Kali ini saya tidak akan membahas apa sebenarnya problem yang terjadi terkait turunnya raport Facebook di Indonesia. Tapi akan saya share beberapa perubahan fitur terbaru facebook yang membuat Fans Page nya sedikit lebih rumit untuk dipahami secara mendalam.

Berikut ini adalah perubahan fitur terbaru Facebook :

  1. Fitur Terbaru Facebook – Cover Image 

Cover image ini dipagukan dengan ukuran 851×315 pixel. Jika kalian upload image yang lebih kecil otomatis akan tertarik ke ukuran ini. Terus apa fungsinya fitur ini ?

Saya sarankan untuk mengganti cover image ini secara reguler, karena update ini tidak hanya muncul di wall page kalian tapi juga akan terbaca di “Timeline” audience Fans Page kalian.

Fitur Terbaru Facebook
Cover image salah materi promosi yang disediakan Fans Page Facebook

Jangan lupa untuk mematuhi peraturan Facebook mengenai mandatori image yang akan digunakan sebagai cover image ya. Karena jika dilanggar perubahan ini akan diabaikan oleh facebook.

BacaJuga: Bagaimana Cara Sukses Berjualan Di Fans Page

2. Fitur Terbaru Facebook – Profile Picture 

Image yang satu ini penting sekali dan sering kali “disalah gunakan” oleh banyak pemilik Fans Page. Salah satunya adalah sering mengganti Profile picture ini ehehehe. Iya aktifitas sering mengganti Profile Picture akan mendapat perhatian khusus dari facebook.

Iya karena penggantian PP akan muncul di wall page dan ini akan membuat Facebook bingung menilai kredibilitas Fans Page kita. Karena fungsi dasar dari Profile Picture itu adalah sebagai ICON FANS PAGE.

Didalam T.O.R facebook disebutkan sebagai Logo Perusahaan ataupun Instansi. Jadi jika sering diganti ganti akan dianggap “status tidak jelas” oleh facebook. Nah hayo siapa yang suka gonta ganti Profile Picture Fans Pagenya ? atau sekarang lagi pasang profile picture yang bukan logo perusahaan ataupun instansi yang diwakilinya.

3. Fitur Terbaru Facebook – Message 

Fitur Terbaru Facebook satu ini tidak kerasa barunya karena memang ini fitur lama tapi baru dipasang di Fans Page. Ya sekalian mempromosikan karena fitur chat message ini bersaing dengan banyak aplikasi chatting yang sudah menguat di Indonesia.

Nah sayangnya banyak pebisnis online tidak menyadarinya, bahkan ada yang tidak menginstal dan mengkoneksikan aplikasi message nya dengan facebook.

Akibatnya respon cepat dari komunikasi yang timbul hanya bisa dilakukan saat mereka lagi buka Fans Pagenya, sayang sekali bukan ?

BacaJuga: Aplikasi Chatting Terbaik Untuk Bisnis Online

4. Fitur Terbaru Facebook – Featured For You

Fitur ini akan menampilkan postingan yang dianggap Facebook Unggulan dan akan memberikan daya tarik bagi audience kalian. Nah fokus utama di fitur ini adalah menampilkan kategori post; seperti Maps sebagai penunjuk arah ke lokasi bisnis, foto atau image dengan like terbanyak, video dengan penonton terbanyak dll.

fitur terbaru facebook
Fitur unggulan memberikan report menarik terkait konten yang ada di fans page kita

Tentunya sangat menarik bukan jika tampilan konten unggulan yang dilihat pertama kali oleh Audience kita. Sedikit tips, berikan foto yang memiliki pesan yang “clear” dan jika itu video, bikin yang memiliki pesan jelas tanpa berbelit belit.

5. Fitur Terbaru Facebook – Admin Panel

Fitur ini yang paling sering saya kunjungi. Spot favorit seperti sedang mengamati bintang bintang yang membentuk sebuah rasi ehehe 🙂 Karena disitu kita bisa melihat semua hal yang terjadi pada Fans Page kita. Apapun itu hampir mutlak diinfokan oleh facebook disini. Salah satu panel favorit saya adalah panel insight.

Panel inilah kunci dari segala strategi fans page yang kita punya. Karena dari panel ini kita akan mengenal fans page kita lebih dalam, mengenal audience kita lebih dalam, mengenal karakter postingan kita. Dan banyak lagi yang bisa diceritakan dalam sebuah panel insight.

Nah itu tadi 5 fitur terbaru facebook. Sebenarnya masih banyak lagi fitur fitur bermanfaat jika bisa mengenalnya lebih baik. Seperti Apps/ View , Custom Thumbnail, Interest List, Millestone , Wall ,Pin Post, Starred Post, Post By Oder dan masih banyak lagi lho .

Silahkan dipelajari sendiri, jangan terlalu percaya dengan apa yang sering dishare di facebook terkait facebook marketing kecuali kalian sudah mencoba dan menganalisanya sendiri. Jika tidak, kalian bisa belajar dari team atau dari digital marketing agency yang mungkin bisa membantu menganalisanya.

Semoga bermanfaat ya, dan silahkan lengkapi artikel ini dengan memberikan komentar. Atau kalian bisa membagikannya jika dirasa ada materi yang bermanfaat bagi teman teman kalian.

BacaJuga: Strategi Internet Marketing Untuk UKM Indonesia

Salam Digitizer,

 

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + ten =