Mengenal Marketplace – Munculnya marketplace tentu membawa banyak kemudahan bagi orang yang ingin berbisnis online. Namun juga perlu diketahui kalo marketplace tentu punya kelebihan dan kekurangan. Nah, para penjual yang memiliki atau yang akan membuka toko online perlu mengenal marketplace, memahami kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan toko online anda. Berikut akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca Juga : Bisnis Online Melalui Marketplace, Anda pun Bisa Memulainya

Mengenal Marketplace – Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan :

  1. Tempat berkumpulnya pembeli

Melalui marketplace, anda bisa mudah menemukan pembeli. Selain itu, para user yang menggunakan marketplace merupakan orang-orang yang siap membeli produk yang ia cari.  Dengan banyaknya jenis produk yang dijual di suatu marketplace, maka pasti banyak juga pembeli yang dating. Jadi anda tidak terlalu susah untuk mencari pembeli.

  1. Banyak pedagang, bisa bertukar informasi

Selain pembeli, di suatu marketplace juga tentunya banyak penjual. Anda bisa sharing tentang bisnis dengan mereka. Bertukar informasi mengenai bisnis sehingga bisa saling membantu dalam hal bisnis. Informasi yang anda dapatkan dari penjual lainnya juga dapat menjadi masukan bagi anda untuk mengembangkan toko online anda.

  1. Rekening bersama untuk keamanan

Adanya rekening bersama ini juga dapat membantu kepercayaan kosnumen terhadap toko online anda. Selain itu dengan adanya rekening bersama, maka transaksi jual-beli anda akan terjamin keamanannya. Keadaan yang terjamin ini juga membuat konsumen semakin yakin untuk berbelanja di toko online anda.

  1. Promosi gratis dari marketplace

Kelebihan yang lain dari memanfaatkan website marketplace adalah promosi yang dijalankan oleh marketplace bisa saja menguntungkan usaha anda. Misalnya dengan menawarkan potongan harga 20% yang ditanggung oleh pihak marketplace atau juga ongkos kirim gratis yang ditanggung oleh marketplace.

  1. Banyaknya produk yang tersedia

Beragam pilihan produk yang tersedia tentu membuat konsumen tertarik untuk mengunjungi website marketplace tersebut. Dengan begitu, kemungkinan konsumen mengunjungi toko online anda pun juga lebih tinggi dan peluang produk anda terjual juga meningkat.

Baca Juga : Marketplace di Indonesia Berikan Kemudahan Membuka Toko Online

Kekurangan :

  1. Persaingan ketat

Selain memiliki berbagai kelebihan, banyaknya penjual dalam suatu marketplace juga membawa kekurangan. Salah satunya adalah adanya persaingan ketat antara para penjual. Apabila tidak bisa mengatur dengan baik, persaingan tersebut bisa sangat merugikan bisnis anda.

  1. Iklan yang salah tempat

Memasang iklan ketika anda menjual suatu produk merupakan hal yang wajar. Bahkan penting. Untuk itu, adanya iklan ini juga akan anda temui ketika berjualan melalui marketplace. Hanya saja, banyak diantaranya penjual yang sembarangan beriklan sehingga mengganggu kegiatan jual-beli anda.

  1. Keberlangsungan website yang tidak terjamin

Karena website marketplace adanlah penyedia tempat bertemunya penjual dan pembeli, berarti ada pengelola website di marketplace tersebut. Apabila pengelolaannya buruk, bisa jadi website tersebut akan ditutup dan toko online anda di website marketplace tersebut juga akan hilang.

  1. Fitur searching tidak terbatas pada produk kita saja

Pada website marketplace, tentunya disediakan fitur searching untuk memudahkan konsumen mencari barang yang ingin mereka beli. Sayangnya, dengan banyaknya kategori produk dan jumlah penjual pada tiap produk, maka hasil pencarian yang mucnul bukan hanya produk atau toko anda saja. Hal ini juga merupakan persaingan yang ada di marketplace sehingga anda harus pandai-pandai mengelola usaha anda dengan baik.

  1. Customisasi web terbatas

Seperti yang telah diketahui, website marketplace hanya menjadi perantara transaksi jual-beli yang menyediakan website tersebut untuk keperluan jual-beli. Maka anda sebagai penjual tidak bisa mengatur tampilan website secara keseluruhan, namun terbatas pada tampilan toko online anda melalui foto avatar akun anda saja.

Berbagai kelebihan dan kekurangan membuka toko online di marketplace telah disampaikan di atas. Dengan kekurangan-kekurangan tersebut, bukan berarti menjadi hambatan untuk menjalan toko online anda melalui marketplace. Anda hanya perlu menggunakan strategi yang tepat agar usaha anda bisa berkembang.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing Untuk UKM Indonesia

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here