chatbot
chatbot

Chatbot dan chatcommerce – Apa itu chatbot dan chatcommerce? Artikel kali ini menyambung dari artikel sebelumnya tentang perubahan perilaku komunikasi konsumen dalam dunia digital, disebutkan mengenai chatbbot. Selain chatbot ada pula chatcommerce. Berikut penjelasan lengkapnya.

Chatbot atau chatterbot menurut Indonesia Contact Center Association adalah sebuah layanan yang didukung oleh aturan dan terkadang merupakan kecerdasan buatan (artificial intelligent), dimana anda dapat berinteraksi melalui chat. Saat ini, chatbot sudah banyak digunakan antara lain sebagai customer care, messaging application, virtual assistance, dan sebagainya.

 

Baca Juga : Telah Hadir Aplikasi Infodigimarket Di Google Play Store

 

Contoh Simsimi. Aplikasi chatbot sederhana ini memungkinkan pengguna untuk melakukan chat seputar obrolan ringan dengan tokoh virtual bernama Simi. Semakin sering dan semakin banyak kosakata yang diberikan, maka Simi akan memberikan respon yang semakin variatif.

Penggunaan chatbot secara spesifik antara lain Weather bot untuk mengetahui cuaca terkini. Grocery bot untuk membantu memilih dan memesan bahan makanan dalam seminggu. News bot untuk memberikan informasi paling update yang anda butuhkan, dan lainnya. Contoh aplikasi lain misalnya Facebook Messenger, Wechat, Kik, Line.

 

Baca Juga : Belajar Branding Unik Dari Iklan Indoeskrim

 

Sementara chatcommerce adalah live chat/messaging yang ada di dalam website untuk membantu customer melakukan pembelian. Jika diperhatikan dengan baik, chatcommerce menggabungkan fitur customer service dan juga pembelian. Hal ini akan sangat membantu para UKM baru yang sedang dalam mengembangkan bisnisnya.

Karena chatcommerce membantu menjawab pertanyaan tentang informasi produk, ketersediaan barang-barang yang dijual oleh UKM. Selain itu chatcommerce yang menjalankan peran customer service membantu menjawab masalah tersebut dan mengarahkan untuk melakukan check out sampai melakukan pembayaran.

 

Baca Juga : Pergeseran Perilaku Komunikasi Konsumen di Era Digital

 

Keduanya, chatbot dan chatcommerce, sama-sama berhubungan dengan konsumen digital. Tetapi yang lebih disarankan untuk UKM adalah chatcommerce. Tentu saja karena chatcommerce berperan sebagai customer service dan dijalankan oleh manusia. Sehingga dapat menghindari kesalahan-kesalahan fatal jika memanfaatkan artificial intelligent.

 

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

 

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here