menentukan platform ecommerce

Menentukan Platform Ecommerce — Beberapa waktu lalu kita pernah membahas mengenai website untuk bisnis. Salah satunya untuk ecommerce. Sebenarnya banyak platform ecommerce yang bisa Anda pilih, mulai WordPress hingga Magento. Lalu bagaimana menentukan platform ecommerce yang tepat?

Untuk menentukan platform ecommerce yang tepat, kita tentu perlu mengetahui perbedaan dari beberapa platform ecommerce yang ada. Kali ini, InfoDigi akan mengulas mengenai WordPress dan Magento.

WordPress sebenarnya merupakan platform blogging. Namun ia juga bisa digunakan sebagai platform ecommerce. WordPress juga memungkinkan penggunanaya untuk melakukan pengaturan custom untuk web mereka.

Baca Juga : Alasan UKM Harus Memiliki Website Sendiri

Selain itu di WordPress juga tersedia banyak template yang bisa Anda gunakan dan atur sesuai keinginan. WordPress juga menyediakan fungsi dasar ecommerce melalui beberapa pluginnya.

Sedangkan Magento merupakan sebuah platform yang memang ditujukan untuk ecommerce. Magento cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis ke ecommerce.

Layaknya pada WordPress, pengguna juga bisa melakukan pengaturan custom pada web. Jika Anda ingin melakukan pengaturan yang lebih kompleks, Magento bisa menjadi pilihan.

Menentukan platform ecommerce perlu identifikasi tujuan penggunaan website

Untuk menentukan platform ecommerce, tentu terlebih dahulu Anda harus mengetahui tujuan utama penggunaan website tersebut. Contohnya jika ingin membangun marketplace dengan banyak vendor, Magento merupakan pilihan tepat. Meski WordPress juga dapat digunakan, namun dari segi fitur Magento lebih lengkap karena memang ditujukan sebagai platform ecommerce.

Baca Juga : Tips Jitu Membangun Personal Branding di Social Media

Jika Anda ingin menggunakan website untuk menjual produk virtual yang tidak membutuhkan pengaturan pengiriman (shipping) yang kompleks, WordPress bisa Anda pilih. Bagaimana jika yang dijual berupa jasa? Kedua platform ini bisa digunakan. Produk jasa tidak membutuhkan pengaturan kompleks seperti halnya produk barang yang memerlukan opsi shopping cart. Sehingga bisa menggunakan WordPress atau Magento.

Kemudian yang perlu Anda perhatikan, terutama jika Anda menjual produk berupa barang, penting untuk memperhatikan berapa produk yang Anda jual. Apabila lebih dari 500 produk, Anda lebih disarankan untuk menggunakan Magento. Karena Magento mengakomodasi pengaturan kompleks untuk kebutuhan website ecommerce.

Magento memang difokuskan untuk ecommerce, namun untuk menggunakannya diperlukan pengetahuan, skill serta biaya yang lebih banyak dibandingkan WordPress. Namun WordPress memiliki plugin ecommerce terbatas. Lalu, mana yang terbaik? Kembali pada tujuan Anda menggunakan website tersebut. Semoga informasi kali ini membantu ya, Digitizer. Apabila ada yang masih bingung atau mungkin ada yang sudah berpengalaman mencoba keduanya? Boleh yuk sharing di kolom komentar.

Baca Juga : Kumpulan Artikel Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − 5 =