Memilih Jasa Pengiriman

Memilih Jasa Pengiriman – Dengan banyaknya bisnis online saat ini membuat jasa pengiriman barang menjadi sangat dibutuhkan. Berbagai jasa pengiriman di Indonesia bisa anda pilih untuk mendukung bisnis online anda, seperti JNE, TIKI, J&T Express, Wahana, SiCepat, Pos Indonesia, hingga Go-Send. Dengan banyaknya pilihan penyedia jasa pengiriman ini, anda tentu harus memahami layanan dari masing-masing jasa pengiriman tersebut. Lantas, bagaimana memilih jasa pengiriman yang tepat agar bisnis online anda dapat berjalan dengan baik?

Tips Memilih Jasa Pengiriman Untuk Bisnis Online Anda

Langkah pertama dalam memilih jasa pengiriman ialah pastikan jangkauan layanan jasa pengiriman sudah tersebar luas. Anda bisa memilih layanan jasa pengiriman yang sudah terkenal dan banyak digunakan. Jangkauan layanan yang luas juga berguna dalam menjangkau pelanggan yang tempat tinggalnya jauh dari kota. Sehingga proses pengiriman barang dari anda kepada pelanggan tidak terkendala.

Selanjutnya, pahami standar ongkos kirim. Biasanya penyedia jasa pengiriman memiliki standar ongkos kirim yang lengkap sesuai dengan lama waktu pengiriman serta dihitung per kilogram. Dengan memahami hal tersebut, anda dapat memberikan informasi pada pelanggan mengenai total biaya yang harus dibayarkan pada anda. Pada website marketplace, biasanya sudah ada pilihan jasa pengiriman yang bisa dipilih sendiri oleh pelanggan sehingga anda hanya perlu mengirimkan sesuai dengan pilihan jasa pengiriman dari pelanggan.

Baca Juga : Peluang Bisnis Ekspedisi Saat Ini

Ketiga, pastikan jasa pengiriman tersebut memiliki layanan tracking. Hal tersebut akan memudahkan anda dan pelanggan anda dalam melakukan tracking barang yang dikirimkan. Jadi jika ada kendala dalam pengiriman, anda maupun pelanggan anda dapat melacak posisi barang tersebut dan memastikan barangnya tidak hilang. Layanan tracking ini sangat berguna bagi anda dalam menghadapi pelanggan yang tidak sabaran. Jangan lupa memberikan resi pada pelanggan anda agar pelanggan juga bisa melacak barang yang dikirimkan.

Keempat, pilih penyedia jasa pengiriman yang menawarkan berbagai paket pengiriman. Ada beberapa pelanggan yang bersedia membayar lebih agar barangnya lebih cepat sampai, namun ada juga pelanggan yang memilih ongkos kirim yang terjangkau dan menunggu barangnya sampai dalam beberapa hari. Nah, untuk memfasilitasi keinginan pelanggan yang beragam ini, akan sangat membantu jika anda memilih jasa pengiriman yang menyediakan pilihan paket pengiriman yang juga beragam.

Baca Juga : Bisnis Online Melalui Marketplace, Anda pun Bisa Memulainya

Hal lain yang tak kalah penting ialah memastikan adanya garansi bahwa barang anda tidak akan rusak apabila sampai di tangan pelanggan. Karena bisnis online menjual berbagai macam barang, maka perlu bagi penjual untuk memperhatikan keamanan barang ketika proses pengiriman. Saat ini sudah banyak penyedia jasa pengiriman yang memberikan layanan garansi keamanan untuk barang kiriman seperti gadget, perhiasan, dokumen penting, dan lain-lain. Dengan begitu, baik anda maupun pelanggan bisa merasa lega dan yakin bahwa barang akan aman selama proses pengiriman.

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + eleven =