personal branding

Personal Branding atau “menjual diri” Wauuw..nampaknya sedikit mengerikan ya, mendengar kata “menjual diri”. Eiits.. tapi tunggu dulu. Menjual diri, disini maksudnya berbeda lho. Dan justru ini akan membantu anda untuk meraih kesuksesan. Waah..menjual diri yang seperti apa ya?

Oke, mari coba kita bahas satu per satu.

Namun sebelumnya, geser sedikit dahulu kata “menjual diri”.

Kita ganti menjadi Personal Branding. Mungkin tak banyak orang yang mengetahui tentang personal branding. Maka dari itu, sebelumnya kita perlu tahu dahulu, apa sebenarnya Personal Branding itu.

Personal Branding adalah image yang kuat dan jelas yang ada di benak klien anda mengenai diri anda sendiri (Montoya, 2009).

Para ahli lain juga mengatakan hal serupa, Personal Branding adalah sesuatu tentang bagaimana mengambil kendali atas penilaian orang lain terhadap anda sebelum ada pertemuan langsung dengan anda (Vandehey & Montoya, 2006).

Dari beberapa definisi tersebut, apakah sudah terbayang dibenak anda apa sih sebenarnya personal branding itu. Untuk lebih gampangnya, yuk sama –sama kita lanjut ke penjelasannya selanjutnya.

BacaJuga: Kumpulan Artikel Internet Marketing Terbaik

Individu yang memiliki personal branding yang bagus,biasanya adalah individu yang suka menonjol, dan suka eksis dalam setiap momen-momen tertentu.

Eksis dalam hal ini tentunya eksis dalam hal yang positif ya. Individu yang memiliki personal branding yang bagus adalah mereka yang suka menjadi trend center dalam suatu lingkungan tertentu, mereka suka tampil, mereka memiliki banyak teman dan kenalan yang luas.

personal branding
Ikuti kontes Video Online Mini Via Instagram dengan tajuk #SayaFotografer

Serta seseorang yang memliki personal branding yang bagus adalah seseorang yang cenderung sering dicari, baik oleh head hunter, klien, maupun hanya sekedar untuk berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang lain.

Individu yang memiliki personal branding yang bagus, company branding yang dilakuaknnya juga akan ikut bagus. yang nantinya tentu dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan tersebut.

Bisa dikatakan, diri seseorang merupakan individu yang sangat berarti dengan semua keunikan serta kemampuan yang dimiliki seseorang.

Dengan semua keunikan tersebut, lalu tidak penasarankah anda, bagaimana caranya untuk mendapatkan personal branding yang bagus? Yeesss..and this is it! Check it out :

  1. Your Name is The Key

Yuup! Itulah alasannya, kenapa jangan pernah menganggap remeh nama pribadi kita masin-masing. Nama yang kita miliki adalah nama pemberian dari orang tua. Dan tentunya ketika orang tua memberikan nama terbaiknya, itu merupakan doa yang diharapakan terhadap kita. Jadikanlah nama yang kita miliki itu layaknya sebagai sebuah brand.

Dimana brand tersebut memiliki keunikan dan spesifikasinya sendiri. Sehingga dapat membedakan diri kita dengan orang lain. Maka dari itu disebutkan bahwa nama adalah kuncinya.

  1. Build Your Own Brand

Bagaimana membangun brand anda? Untuk membangun brand anda, bisa dimulai dari hal-hal kecil sederhana. Dari setiap gaya pakaian yang kita pakai sehari-hari. Atau juga dapat tergambar dari setiap postingan kita di sosial media. Dapat menggambarkan siapa diri kita. Dari status yang mungkin sering kita lontarkan sosial media.

BacaJuga: Virtual Travelling Ketika Weekday ? Why Not !!!

Sebagai contoh sederhananya apabila kita sering memposting hal-hal perkataan kotor, maka juga akan terbentuk persepsi orang terhadap kita, bahwa kita adalah individu yang tidak berpendidikan, kasar dan lain sebagainya.

Namun berbeda lagi apabila kita senang mengupload mengenai info-info baru, keramahan dan lain sebagainya. Atau jika dikaitkan dengan social media yang lain seperti Instagram, dilihat dari cara berpakaian yang anda unggah di instagram, juga dapat menggambarkan siapa diri anda.

Hei kamu yang suka menulis ... Kami sedang mencarimu !
Hei kamu yang suka menulis … Kami sedang mencarimu !

Bagi anda yang suka karya tulis, buku bacaan seperti apa yang anda baca dapat menggambarkan pula siapa diri anda.  “Menjual diri” anda juga bisa dilihat dari gaya tulisan anda, pandangan anda dari setiap fenomena yang anda kritisi dalam blog atau website yang anda kelola. Sosial media yang anda miliki merupakan representasi siapa diri anda.

Namun wait.. jangan jadi berpikir bahwa pada akhirnya kita, menjadi seolah-olah menyetting diri kita dan menjadi bermuka dua.  Justru ditahap ini adalah dimana kita bisa mengekspresikan dan mengeksplor setiap kemampuan brand kita kepada orang-orang.

Dalam dunia pekerjaan, hal yang sangat kecil seperti nama alamat email yang anda gunakan dapat menentukan diterima atau tidaknya anda dalam perusahaan tersebut. Tidak percaya? Buktikanlah!

Maka tak jarang, banyak perusahaan yang sering menanyakan sosial media yang kita gunakan, mungkin blog, instagram, facebook atau yang lain. Gunanya adalah untuk mengkonfirmasi diri individu tersebut, seperti apakah dirinya apabila dalam keseharian.

BacaJuga: Manfaat Social Media Linkedin Bagi Kehidupan Kamu

3. Manage Your Image

Setelah kita tahu, apa yang menjadi kelebihan kita dalam tahap ini kita perlu terus mempertahankan serta mengembangkan citra yang sudah kita bangun dimasyarakat, atau juga diantara rekan-rekan kita.

Atau istilahnya, karena kita sudah siap jual, maka perlu adanya pengenalan brand tersebut. Bisa kita mulai dari group-group sosial media yang kita ikuti, komunitas di kantor,kampus dan lain sebagainya.

Dari pemaparan serta sedikit tips diatas, dapat dilihat bahwa segala sesuatu  yang ada pada diri kita, merupakan sebuah potensi komunikasi,yang dapat dipersepsikan oleh setiap orang yang melihat dan mengenal kita.

Sederhananya, personal branding layaknya “aura” yang kita pancarkan. Sehingga setiap orang yang berada di sekitar kita memiliki persepsi yang berbeda-beda dibenak mereka. Tentunya kita menginginkan persepsi yang muncul adalah persepsi citra yang positif, bukan? Maka bangunlah citra positif tersebut!

Dengan personal branding anda dapat dengan mudah memengaruhi orang. Karena orang akan percaya pada anda.

Ini sangat bagus untuk para digitizer yang memiliki bisnis, baik itu secara offline maupun online.

Tentu saja personal branding ini, dapat pula diaplikasikan dalam bisnis atau perusahaan anda, tentu dengan penggubahan dan modifikasi disetiap point.

Yeaah..semoga artikel ini membantu, dan dapat diimplementasikan, Get your Gold Chance!

BacaJuga: Artikel Strategi Digital Marketing Untuk UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here