Membangun Kepercayaan Pelanggan – Membangun kepercayaan pelanggan pada bisnis online tentunya juga diperlukan agar bisnis online tersebut bisa berkembang. Jika beberapa waktu lalu sudah dibahas mengenai memulai bisnis online, nah sekarang kita akan bahas mengenai beberapa trik membangun kepercayaan pelanggan pada bisnis online anda.

Trik Membangun Kepercayaan Pelanggan Pada Bisnis Online

Langkah pertama, gunakan foto produk yang anda ambil sendiri. Pastikan kualitas fotonya bagus ya, kawan. Karena dibandingkan foto hasil unduhan di Google, pelanggan tentu lebih percaya dengan hasil foto dari penjualnya.

Tak perlu jasa fotografer profesional, dengan kamera smartphone anda pun bisa kok. Yang terpenting adalah foto produk yang anda tampilkan jelas. Karena dalam bisnis online, yang dilihat adalah foto produknya.

Baca Juga : Bisnis Online Melalui Marketplace, Anda pun Bisa Memulainya

Kebanyakan pelanggan juga biasanya menilai toko online dari tampilan foto produk di toko online tersebut. Jika dari segi gambar saja tidak meyakinkan, kecenderungan pelanggan beralih ke toko online yang lain juga besar.

Setelah foto produk sudah terlihat oke, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memberikan informasi yang jelas terkait produk yang anda jual. Contohnya jika barang yang anda jual adalah tas, berikan informasi mengenai ukuran tas, bahan, ada saku atau tempat laptop dan lain-lain.

Penjelasan detail produk membantu pelanggan dalam memahami produk yang anda jual karena mereka tidak melihat secara langsung produk tersebut. Jangan lupa menyertakan harga produknya. Berikan informasi sejelas mungkin terkait produk anda.

Baca Juga : 6 Langkah Mudah Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Ketiga, sertakan testimoni pelanggan yang pernah membeli produk anda. Pada website marketplace biasanya ada ulasan mengenai pelayanan toko anda yang ditulis oleh pelanggan-pelanggan yang pernah membeli produk di toko online anda. Selain itu juga ada keterangan mengenai rate feedback dari anda pada pelanggan. Semakin tinggi nilai rate nya, pelanggan akan semakin yakin untuk membeli produk anda. Membalas pertanyaan pelanggan dengan cepat tentu akan membuat pelanggan merasa tidak diabaikan oleh penjual. Jangan membuat pelanggan anda menunggu respon terlalu lama.

Terakhir, berikan informasi jelas terkait apakah barang yang telah dibeli bisa dikembalikan apabila ada kerusakan pada produk atau estimasi lama pengiriman. Biasanya hal tersebut juga sering ditanyakan oleh pelanggan pada penjual online. Dan perlu diingat, pelanggan yang puas akan melakukan repeat order atau bahkan menyarankan toko anda pada orang lain. Oleh karena itu, kepercayaan pelanggan perlu dibangun. Menjalankan bisnis online memang gampang-gampang susah, namun menyenangkan.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing Untuk UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here