riset sederhana facebook marketing

Anda boleh percaya atau tidak! tetapi pada nyatanya hanya sedikit pebisnis yang meluangkan waktu serta tenaga untuk menganalisa bagaimana perusahaan lain atau kompetitor mereka menjalankan Facebook marketing sebelum mengaplikasikan analisa mereka sendiri. Kali ini Infodigimarket akan mengulas bagaimana melakukan riset sederhana untuk mengetahui tipe konten serta komunikasi seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda.

Item – item berikut ini merupakan analisa riset paling mendasar, tapi percayalah! Anda layak untuk meluangkan waktu sejenak melakukannya. Anda bisa memulai dengan membuka spreadsheet excell kosong! Cari dan kunjungi Facebook Page yang sama dengan bidang bisnis Anda dan analisa karakteristik ini:

Teks:

  • Kata – kata apa yang paling banyak digunakan untuk mengawali postingan Facebook Page mereka?
  • Calls to Action tipe apa yang mereka gunakan?
  • Apakah mereka menggunakan kalimat postingan pendek atau panjang?
  • Apakah mereka menggunaka kata – kata yang spesifik atau sedikit berbasa-basi?

Photo: Apakah mereka meng-upload foto-foto dengan visual yang baik dengan editan menarik?

Konten: Seberapa sering mereka posting di Facebook Page?

Video: Tipe video apa yang mereka gunakan?

Engagement: Konten seperti apa yang memiliki paling banyak komentar, like dan share?

Anda mungkin juga bisa menganalisa tentang cover foto yang mereka gunakan serta penulisan informasi tentang bisnis mereka di Facebook Page.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan Facebook Page yang sama dengan bidang bisnis Anda, maka cobalah menggunakan beberapa tools analisa yang tersedia di internet, seperti: Social Bakers dan Likealizer. Lakukan juga riset di tiga kategori Facebook Page ini:

  1. Perusahaan yang sama dengan bisnis Anda
  2. Kompetitor terbesar anda
  3. Facebook Page yang paling populer di indonesia

Mungkin aktifitas riset ini akan terasa membosankan, tetapi jika Anda menginginkan Strategi Facebook Marketing yang efektif, maka analisa ini harus dilalui. Jika Anda tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan riset, maka cobalah untuk menggunakan jasa konsultan internet marketing! Pilihlah dengan hati -hati serta selektif! Ajaklah mereka berdiskusi tentang apa yang menjadi objective bisnis Anda! jika mereka layak sebagai partner, tentu mereka akan dengan terbuka berdiskusi perihal strategi facebook marketing yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here