marketplace di indonesia

Marketplace di Indonesia – Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini juga memunculkan perkembangan dalam bidang lainnya, salah satunya website. Website saat ini tidak hanya tentang berita, namun juga mencakup bidang perdagangan yang lebih akrab disebut website marketplace.

Dengan adanya website marketplace, memulai usaha pun menjadi lebih mudah. Anda dapat menjadi dropshipper, reseller, atau menjual produk buatan anda sendiri di dalam marketplace ini. Seperti namanya, marketplace merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang transaksinya dilakukan secara online.

Di Indonesia pun website marketplace ini sedang marak bermunculan. Trend usaha online saat ini membuat munculnya website marketplace ini disambut baik oleh orang-orang yang ingin memiliki usaha dengan modal minim.

Baca Juga : Mengenal Marketplace Sebelum Menjalankan Toko Online

Salah satu kelebihan menggunakan marketplace untuk usaha anda ialah anda tidak perlu menyewa toko untuk usaha anda. Ada 4 marketplace terbesar di Indonesia, yaitu Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan Kaskus. Kemudian saat ini juga muncul marketplace baru berbasis mobile, yaitu Shopee.

Beberapa Marketplace di Indonesia

  1. Tokopedia 

Tokopedia menempati urutan pertama sebagai marketplace terbesar di Indonesia. Website yang launching tahun 2009 tersebut saat ini menjadi marketplace terbesar di Indonesia. Terbukti dari jumlah penjual yang ada di Tokopedia telah mencapai ratusan ribu dan masih terus bertambah setiap bulannya sebanyak 30 persen. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Tokopedia, William Tanujaya.

  1. Bukalapak

Salah satu marketplace di indonesia yang juga terkenal di Indonesia adalah Bukalapak. Marketplace yang didirikan oleh Achmad Zaky selaku CEO PT Bukalapak pada 2011 ini berkembang pesat hingga menjadi pesaing bagi Tokopedia. Kini jumlah penjual di Bukalapak juga telah mencapai ratusan ribu penjual dan terus bertambah. Seperti halnya Tokopedia dan website marketplace lainnya, di Bulakapak anda juga dapat membuka took online kemudian menjual barang pada semua orang.

  1. OLX

Nah, website marketplace satu ini agak berbeda dari yang lainnya. Bedanya? Kalo di Tokopedia dan Bukalapak, hanya menjual barang, namun di OLX anda juga dapat beriklan. Mulai dari jasa hingga iklan menjual produk. Website ini dulunya bernama tokobagus.com, dengan ciri khasnya menjual barang bekas. Sampai saat ini, di OLX anda dapat menjual barang baru maupun bekas.

  1. Kaskus

Kaskus awalnya hanya sebuah website forum komunitas yang kemudian merambah ke marketplace untuk memfasilitasi user kaskus. Karena banyak juga user yang memanfaatkan forum komunitas tersebut untuk berjualan. Sehingga kemudian muncul FJB Kaskus, yaitu Forum Jual Beli Kaskus. Untuk menjadi penjual di FJB Kaskus, yang perlu anda lakukan hanya mendaftar sebagai member Kaskus.

  1. Shopee

Diluncurkan pada tahun 2014, Shopee merupakan mobile marketplace baru di Indonesia. Sistemnya sama seperti Tokopedia dan Bukalapak, hanya saja Shopee lebih focus pada mobile atau jual beli di ponsel. Selain itu, Shopee menyediakan layanan gratis ongkos kirim. Di Shopee anda juga bisa menjual barang apapun dan bisa menentukan apakah anda akan menyediakan layanan gratis ongkos kirim tersebut.

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Berminat untuk membuka toko online?

Baca Juga : Strategi Internet Marketing Untuk UKM Indonesia

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × one =