manfaat-seo

Manfaat SEO – Jangan pernah menganggap melakukan SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah COST! tetapi anggap manfaat SEO lebih kepada investasi jangka panjang, dan jangan pernah mengharapkan hasil positif dalam semalam! akan butuh mingguan bahkan bulanan untuk mencapai hasil pencarian seperti yang Anda inginkan.

Tidak ada cara yang paten untuk mendapatkan peringkat seperti yang anda inginkan, tetapi jangan takut! Dengan kombinasi beberapa metode akan bisa mengantarkan situs Anda mencapai peringkat SERP yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan jika Anda mengimplementasikan SEO di website Anda:

  1. Audiences – pertumbuhan hasil SEO adalah bersifat organik. Selama situs Anda memiliki peringkat yang bagus maka otomatis Anda akan mendapatkan lebih banyak trafik. Pembelajaran atau studi tentang faktor-faktor SEO menyatakan bahwa situs yang berada di halaman pertama pencarian search engine pasti mandapatkan lebih banyak trafik dibandingkan situs lainnya. Sebagai contoh, jika user ingin membeli baju secara online, mereka biasanya memilih link situs pada peringkat pertama atau kedua di SERP (Search Engine Result Page).
  2. Hasil yang Permanen – Ketika anda menggunakan pendekatan bisnis melalui iklan Pay-Per-Clik (PPC) tentu saja website akan berada di puncak SERP, tetapi bagaimana jika berhenti menggunakan iklan bebayar tersebut? Situs Anda akan berhenti memuncaki SERP. Hasil atau manfaat SEO dilain sisi tidak bergantung pada iklan. Situs anda dengan sedikit maintenance akan tetap berada di puncak SERP tanpa harus beriklan. Anda tidak perlu untuk membayar ke Google atau vendor advertising untuk memuncaki SERP. Ini bukan berarti Anda tidak membutuhkan jasa digital marketing agency, tentunya untuk beberapa alasan Anda masih membutuhkan mereka seperti untuk kebutuhan analisa keyword, penulisan konten berkualitas dan sebagainya.
  3. Low Cost – Konsultan marketing dulunya selalu menyarankan penggunaan brosur, media cetak serta televisi untuk mengiklankan sebuah produk. Biaya yang dikeluarkan tentunya tidak sedikit bukan? Beda dengan saat ini! Mengembangkan serta menyewa sebuah hosting sudah tidak lagi mahal. Menyewa profesional dibidang digital marketing atau SEO bisa menjadi opsi yang bisa dipertimbangkan.
  4. Data & Analytics – Manajemen biasanya menggunakan data laporan penjualan setiap bulan bahkan tiap tahun sekali. Data bisa membantu Anda untuk menggali insight dari preferensi customer, tren pasar dan sebagainya, Anda bisa mendapatkan analisis terperinci bagi perkembangan bisnis. Keberadaan Google Analytics dan Google Search Console membantu Anda untuk memahami aspek-aspek kunci serta kelemahan dari tingkat visibilitas situs Anda. Anda juga bisa melihat konversi dan tingkat bounce-rate dari pengunjung website. contoh: Anda bisa melihat jumlah pengunjung yang benar-benar membeli produk Anda atau hanya sekedar berkunjung tanpa melakukan transaksi.
  5. Kompetitif – Keberadaan tools gratis seperti: Google Analytics dan Google Search Console memungkinkan Anda melihat hasil serta laporan tidak hanya pada website Anda, melainkan juga website yang dimiliki oleh kompetitor. Anda tentu bisa membandingkan keyword, localize, analytic yang Anda miliki dengan situs para pesaing. Anda dengan demikian bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik pada faktor kompetitif dunia bisnis anda.
  6. Usability – SEO dan pengalaman user bisa dikatakan berjalan beriringan. Masa depan SEO mengarah pada bagaimana meningkatkan user experience terhadap website Anda. sebagai contoh: link internal yang mengarah ke halaman dengan konten yang relevan tidak hanya membantu mesin pencari menelusuri website Anda, tetapi juga harus memberikan kemudahan navigasi bagi user. Implementasi SEO pada akhirnya tidak harus terfokus pada search engine, tetapi lebih kepada kebutuhan pengguna akan informasi yang relevan. Google juga mengangkat peringkat bagi situs – situs yang ramah terhadap device mobile.
  7. Konten Marketing & Branding – User cenderung mengunjungi situs-situs dengan peringkat yang lebih tinggi. Google dengan algoritma – algoritma nya yang selalu berkembang berusaha menyingkirkan website yang terkesan spammy. Oleh karena itu jika situs Anda berada di peringkat yang bagus maka hal tersebut mencerminkan tingkat kepercayaan serta kredibilitas yang baik. Paradigma “Content is a King” mendorong konten yang baru dan menjaring user sehingga memberi dampak terhadap konversi.

Trafik yang terus meningkat berarti juga akan menambah kredibilitas website Anda. Dari sini kita bisa memastikan bahwa melakukan branding produk pada situs kita merupakan strategi yang tepat. Ini sebabnya para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) lebih cenderung mengimplementasikan SEO dibandingkan perusahaan besar yang memiliki dana lebih untuk advertising.

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 12 =