Google AdWords
Google AdWords

Google AdWords – Pembahasan kali ini masih tentang Google AdWords, namun fokus pada bagaimana cara mendaftar. Jika Anda sudah menyiapkan iklan seperti apa yang akan Anda tampilkan, maka siap-siap untuk memasukkannya ke AdWords. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lalui:

1. Masuk Google AdWords

Masuk ke halaman Google AdWords kemudian cari tombol biru bertuliskan Start Now di pojok kiri. Tekan tombol tersebut dan secara otomatis Anda akan memulai pembuatan akun.

Baca Juga : Layanan Iklan Google

2. About Your Business

Anda diminta untuk mengisikan alamat email dan website yang digunakan untuk memasang iklan. Kemudian klik tombol biru bertuliskan Continue.

3. Your First Campaign

Sebuah campaign atau iklan fokus pada tema atau sekelompok produk. Untuk membuat campaign, Anda perlu menentukan :

  1. Decide How Much To Spend, tentukan jumlah uang yang Anda gunakan untuk beriklan per harinya. Anda dikenakan biaya setiap kali ada pengunjung website yang mengklik iklan Anda. Gunakan mata uang yang berlaku di negara Anda.
  2. Choose A Target Audience, tentukan target audiens dari iklan Anda mulai dari lokasi negara pengunjung website Anda (Location), jaringan pilihan Anda (Network), dan kata kunci sesuai iklan Anda (Keyword).
  3. Set Your Bid, pada dasarnya AdWords secara otomatis akan menentukan sebanyak mungkin klik yang Anda dapatkan sesuai budget Anda. Namun ada opsi kedua, yang memungkinkan Anda untuk menetapkan tawaran secara manual.
  4. Write Your Ad, buatlah kata-kata iklan yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Pastikan Anda meng-klik tombol biru bertuliskan Save pada bagian kiri bawah setelah melakukan langkah-langkah dari 3A – 3D. Klik tombol biru bertuliskan Save and Continue setelah Anda selesai melakukan tahap ketiga ini. Kemudian secara otomatis akan muncul pada tahap keempat.

Baca Juga : Google AdWords dan Strategi Pembayarannya
Tampilan billing di AdWords
Tampilan billing di AdWords

4. Billing

Pada bagian ini Anda diminta untuk memasukkan data mengenai pembayaran. Pembayaran terhadap pihak Google baru terjadi jika ada pengunjung yang meng-klik iklan Anda. Tentukan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu:

  1. Country, isikan sesuai negara Anda berasal.
  2. Tax Information, pilih status pajak Anda, bisnis atau individu. Kemudian masukkan NPWP.
  3. Name and Address, lengkapi data nama, alamat, dan email agar memudahkan Google untuk masalah penagihan pembayran. Isikan Business Name sesuai dengan nama toko atau bisnis Anda. Untuk Name isikan nama Anda sebagai pemilik bisnis atau pihak pengiklan.
  4. How You Pay, pilih metode pembayaran sesuai kemampuan Anda, misalnya kartu kredit atau debet.
  5. Introductory Offer, isi email Anda jika ingin up to date mengenai penawaran terbaru. Tetapi jika tidak, Anda dapat mengabaikan opsi ini.
  6. Time Zone, pastikan Anda menjatuhkan pilihan yang tepat, karena setelah proses pendaftaran selesai, Time Zone tidak akan dapat diubah lagi.

Isi data dengan benar, jika sudah klik tombol biru bertuliskan Save and Continue. Kemudian secara otomatis akan muncul pada tahap selanjutnya.

Baca Juga : Jenis Kampanye Google AdWords

5. Review

Periksa kembali data yang Anda masukkan pada AdWords. Jika sudah fix hingga tahap terakhir, klik tombol Save and Continue.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah tidak semua iklan dapat ditayangkan oleh pihak Google, penentuan yang dapat tayang sepenuhnya ada dipihak Google. Karena itu pastikan pertama kali iklan Anda tidak mengandung unsur SARA dan hal tidak baik lainnya.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here