UKM Indonesia – Siapa yang suka nongkrong di Cafe angkat tanganya ? Ya memang aktifitas bersosialisasi di cafe begitu menyenangkan, apalagi buat anak anak muda jaman sekarang. Tak heran jika sekarang begitu banyak bertebaran cafe cafe di Kota Surabaya ini. Mulai dari yang levelnya tempat nongkrong seperti warung kopi sampai ke modern cafe. Sepertinya bisnis cafe ini begitu menggiurkan. Berikut ini adalah hasil pengamatan di beberapa tempat nongkrong di Surabaya yang bisa dijadikan panduan kunci sukses bisnis cafe.

1. KARAKTER PENGUNJUNG

Tentukan target yang disasar, penentuan target akan menentukan kunci sukses bisnis cafe berikutnya. Karena target inilah calon pelanggan kita, para penikmat suasana yang membutuhkan sebuah tempat untuk bersosialisasi. Analisa dengan benar agar kita tidak salah dalam melakukan promosi untuk mengenalkan ke target market ini. Seperti yang saya lihat di Cafe De’Panji, dimana begitu banyak anak anak muda yang nongkrong disini, jika dirata rata hampir semuanya didominasi oleh anak anak SMU atau Mahasiswa.

BacaJuga: Perkembangan Bisnis Makanan Dan Minuman Di Surabaya

2. LOKASI CAFE 

Kenali dengan benar lokasi yang akan digunakan sebagai tempat membuka cafe, pemilihan lokasi yang tepat adalah salah kunci sukses bisnis cafe. Sesuaikan dengan jumlah target yang akan disasar. Semisal cafe anak muda, cari lokasi dekat dengan area kampus atau minimal dekat dengan tempat kost kostan mahasiswa. Usahakan jaraknya tak lebih dari 10-15 menit berkendaraan dari pusat keramaian anak anak muda ini. De’Panji melakukan hal yang awalnya saya kira tidak akan berhasil, membuka Cafe di pinggir jalan raya Panjang Jiwo No. 44 Surabaya yang terkenal ramai banget trafficnya dan mungkin agak susah awalnya untuk menemukan tempat ini mskipun lokasinya tep[at dipinggir jalan. Tapi itu bisa diatasi perlahan dan terbukti pengunjungnya tak pernah sepi dari suara suara anak muda ini. Menginga Jalan Panjang Jiwo diapit oleh begitu banyak area kampus. Mulai dari Ubaya, Perbanas, Untag, Unitomo bahkan juga banyak perkantoran.

Kunci Sukses Bisnis Cafe De'Panji Menggaet Segmen Anak Muda Surabaya
Kunci Sukses Bisnis Cafe De’Panji Menggaet Segmen Anak Muda Surabaya

3. VARIAN MENU

Karena memang diawal saat saya ngobrol sama ownernya, cafe De’Panji ini disetting untuk anak muda. Menu yang ditawarkan tidak begitu ribet, yang pas dengan selera mereka terutama lagi sesuai dengan kantong mereka. Bisa dilihat dari daftar menunya paling mahal di menu adalah harga untuk steak 30.000,- rupiah yang ternyata hasil join dengan orang lain alias bukan menu asli De’Panji. Ada juga Sop Duren punya Sopdurenkudarmo yang lumayan hits rasanya. Sedangkan menu aslinya sendiri selain ada kopi, jangan ditanya soal citarasa ya, disini yang penting murah dan porsi besar, misal seperti Es Teh Manis dibuka dengan harga 6000,- dengan porsi gelas jumbo yang saya sendiri saja hampir kekenyangan menghabiskannya. Dan banyak varian varian snack mulai dari kentang goreng, tahu baso, sosis goreng, mie goreng yang maximal bisa didapat dengan harga 15.000,- per porsi , cocoklah buat ransum nongkrong sampai 3jam kedepan untuk kelas anak anak muda ini.

BacaJuga: Tips Promosi Usaha Kecil Menengah

4. SEAT MANAGEMENT

Saya gak tau istilahnya yang pasti, pengaturan tempat duduk di De’Panji sangat sangat cocok, dengan komposisi 1 set berisikan 2 bangku panjang dan 1 meja yang bisa menampung 4 orang bersamaan, bisa juga 6 orang sich jika agak berdempetan, sepertinya disesuaikan dengan kesenangan anak anak muda ini yang datangh beramai ramai. Bahkan dengan kapasitas yang menurut saya sudah sangat luas, pihak cafe masih saja memberikan space untuk lesehan hanya dengan mengggelar tikar untuk menampung pengunjung yang tidak mendapatkan kursi, itu saja masih saja belum cukup dan hampir meluber ketempat parkiran mobil.

5. PROMOSI

Salah Satu Kunci Bisnis Cafe Adalah Mengakomodir Keberadaan Komunitas
Salah Satu Kunci Bisnis Cafe Adalah Mengakomodir Keberadaan Komunitas

Tentunya aktifitas ini tidak akan ditinggalkan oleh Cafe ini meskipun hanya mengandalkan Social Media di Instagram, Facebook dan Twitter yang saya amati juga tidak begitu gencar aktifitasnya, kekuatan yang terlihat adalah promosi natural dari mulut kemulut yang diberikan oleh para pengunjung muda ini. Terlihat lebih manjur sich dari pada postingan yang ada disocial media mereka. Buat saya inilah kunci sukses bisnis cafe DePanji yang sebenarnya. Memberikan suasana lain dan yang pasti sangat cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh target marketnya.

BacaJuga: Kumpulan Artikel Terbaik Strategi Internet Marketing

Bagaiamana, apakah 5 kunci sukses bisnis cafe diatas sudah bisa memberikan inspirasi buat kawan kawan sekalian, tertarik gak untuk memulainya mengingat begitu banyak peluang yang bisa dilakukan di salah satu kategori coffee shop ini. Jika ada ide lain bisa kasih komentar disini ya, kali aja lebih manjur analisanya dari yang saya lakukan.

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here