e-commerce
e-commerce

E-commerce – Teknologi digital merambah dengan cepat, sehingga juga menimbulkan dampak positif bagi pertumbuhan e-commerce. Ditambah dengan munculnya aplikasi mobile yang menjadi kebutuhan konsumen sehari-hari. Dari smartphone Anda dapat mengakses website atau media sosial dari online shop, berita lokal dan mancanegara, dkk.

Hal ini merubah cara jual beli konvensional yang sebelumnya Anda lakukan. Sekarang pergi ke tempat penjualan, transaksi dan tatap muka langsung antara pembeli dan penjual, telah berganti menjadi scrolling smartphone. Kemudian pembayaran dengan sejumlah uang cash atau jika di mall Anda terbiasa menggesek menggunakan kartu kredit atau debet, berganti dengan transfer ATM atau melalui alfamart dan indomaret.

Kebiasaan inilah yang sanggup merubah para pengiklan dalam memasarkan produknya. Alasan pembelian melalui online biasanya karena barang-barang yang ada di online shop lebih inovatif, tidak dijual di dalam negeri, merupakan barang limited edition, dan pembeli mendapatkan diskon tertentu. Ada pula e-commerce yang menawarkan bebas ongkir (ongks kirim) dengan syarat pembelian minimal dan jumlah tertentu. Sehingga semakin menggiurkan pembeli dalam bertransaksi online.

Cara menarik pembeli di online shop juga perlu diperhatikan. Selain foto yang jelas, detail dan menarik, gunakan caption yang menonjolkan pada detail barang. Misalnya untuk makeup tambahkan detail kandungan bahan (sesuai yang tertulis dalam produk), berat barang (milligram / gram), bila perlu tambahkan cara pemakaian.

Sementara untuk baju tambahkan caption yang menunjukkan bahan pembuatan, ukuran baju (panjang lengan, panjang baju, lingkar dada), warna, kalimat tambahan seperti ‘tidak panas ketika dipakai’, ‘tidak terawang’, dan sebagainya. Begitu pula dengan sepatu dan tas, tambahkan ukuran detail berapa centi meter barang tersebut.

Content marketing yang tepat dapat memberikan sajian tentang pesan dan value kepada konsumen. Semakin besar value yang diberikan, maka akan semakin shareable konten pesan yang kita buat. Content marketing tidak perlu berisi hal yang terlalu berlebihan, cukup detail produk, rangkaian kalimat yang tidak membosankan,

sebaiknya menggunakan data yang akurat dan sumber terpercaya, tidak membosankan dengan memaksakan pendekatan hard sale, serta menggunakan medium apapun untuk menyampaikan pesan.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia
Salam Digitizer,
Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here