Kenali Istilah Berikut Ini Untuk Kemudahan Di Google Adsense
Kenali Istilah Berikut Ini Untuk Kemudahan Di Google Adsense

Google AdSense – Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, Google AdSense merupakan layanan iklan Google yang memungkinkan Anda sebagai pemilik website atau blog untuk menyediakan space iklan. Kali ini admin akan membahas mengenai istilah apa saja yang terdapat di AdSense. Istilah berikut ini memang mengacu pada rangkaian pembuatan iklan di AdSense. Beberapa istilah tersebut misalnya:

Publisher

Publisher adalah pemilik website atau blog yang sudah terdaftar oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Daftarkan diri Anda terlebih dahulu ke Google Adsense agar dapat menayangkan iklan Google di website atau blog Anda. Satu orang berlaku satu akun AdSense, namun Anda dapat memasang iklan Google di semua situs Anda yang memenuhi persyaratan program Google AdSense.

Baca Juga : Apa Itu Google AdSense

Ad Units

Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Jenis paling umum yaitu iklan teks. Ketika pengunjung meng-klik iklan, maka pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

Link Units

Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di website. Bedanya, ketika pengunjung meng-klik iklan Link Units, maka ia akan diarahkan ke halaman pencarian di search engine Google.

Baca Juga : Keuntungan Memasang Iklan Di Google AdWords

AdSense for Content

AdSense for Content adalah iklan AdSense yang muncul di suatu halaman dan kontennya masih berhubungan dengan isi halaman tersebut. Misalnya Ad Units dan Link Units.

Alternate Ads

Alternate Ads atau iklan alternatif ini muncul jika iklan AdSense for Content tidak muncul karena stoknya sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat bertipe donasi, sehingga ketika diklik maka iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi Publisher.

Baca Juga : Langkah Mudah Daftar Google AdWords

Channels

Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisis performa AdSense mereka.

Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

Baca Juga : Jenis Kampanye Google AdWords

Selain beberapa istilah di atas, masih ada istilah lainnya yang ada di Google AdSense. Admin memilih tidak membahasnya karena berkaitan dengan pembagian komisi oleh Google. Sehingga diperlukan pembahasan menyeluruh tentang sistem komisi atau keuangan tersebut. Dengan mengenal istilah tersebut, diharapkan Anda dapat dengan mudah mengerti apa saja yang dihadapi ketika menggunakan Google AdSense.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here