Instagram Bisnis – Instagram Bisnis merupakan salah satu fitur dari aplikasi instagram. Fitur ini membantu pelaku bisnis online terutama untuk media promosi dan mendapatkan insight market. Penggunaan media sosial dapat menjadi salah satu penunjang untuk menyebarkan informasi, pada instagram terutama untuk foto dan video.

Beberapa hal yang perlu diketahui ketika menggunakan profil instagram bisnis yaitu :

1. Tidak Bisa ‘Private Akun’

Ketika Anda mengatur menjadi profil instagram bisnis, maka orang lain mudah melihat akun Anda. Karena profil tidak bisa dijadikan akun privat. Anda dapat mengganti kembali menjadi akun privat, namun data insight akan hilang.

Baca Juga : Apa Itu Instagram Bisnis?

2. Memiliki Facebook Page

Untuk dapat menggunakan fitur ini, anda harus memiliki facebook page. Profil instagram bisnis harus terhubung dengan facebook page. Karena hanya facebook page terhubung yang dapat digunakan untuk membagikan foto atau video dari instagram. Hal ini akan membantu dalam manajemen dan jangkauan penyebaran foto.

3. Mencantumkan Kontak

Terdapat pilihan kontak yang harus diisi, misalnya alamat kantor, email, ataupun nomor telepon. Anda bebas memilih kontak mana yang akan ditampilkan pada profil instagram. Jika memiliki beberapa toko cabang, pilih lokasi yang paling ingin ditonjolkan. Bagi followers yang ingin menghubungi secara pribadi, tinggal memilih salah satu tombol kontak tersebut.

4. Informasi Kategori Instagram Bisnis

Ada beberapa kategori bisnis yang dapat Anda gunakan. Misalnya news & media website, community, fashion, shopping & retail, organization, dan sebagainya. Kategori ini juga sama dengan yang ada di facebook page.

Baca Juga : Inovasi : Langkah Kreatif Yang Membuat Bisnis Anda Stand Out

5. Instagram Bisnis Dapat Melihat Insight

Insight dalam hal ini yaitu statistik data demografi followers. Data tersebut meliputi usia, jenis kelamin, domisili followers, pada jam berapa followers Anda online instagram, dan sebagainya.

6. Pemberian Akses Pada Admin Lain

Pemberian akses ini berlaku pada orang yang juga menjadi admin di facebook page.

7. Tentang Akun Terverivikasi

Meskipun facebook page merupakan akun yang terverivikasi. Hal ini tidak secara otomatis akan merubah instagram menjadi akun yang terverivikasi pula.

Beberapa hal di atas merupakan poin penting dalam menggunakan instagram bisnis. Pada praktiknya penggunaan fitur ini tidak meninggalkan facebook sebagai media utama dalam memperluas jangkauan. Bahkan facebook page menjadi syarat utama untuk menjalankannya. Hal ini juga merupakan keuntungan karena pelaku bisnis online tidak perlu mengunggah lagi ke facebook.

Baca Juga : Artikel Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here