inovasi

Inovasi — Halo, Digitizer! Bagaimana? Sudah menemukan passion yang bisa dijadikan bisnis? Belum? Tidak masalah. Anda bisa coba melihat apa yang sedang banyak digandrungi oleh pasar. Misalnya sedang ramai yang menjual gamis secara online dan offline. Anda bisa menjualnya juga, dengan catatan lakukan inovasi yang membedakan produk Anda dari penjual lain.

Misalnya seperti yang dilakukan oleh Esteva, produsen gamis asal Surabaya. Banyak yang menjual gamis, namun apa yang membedakan gamis Esteva dengan gamis lainnya? Apa yang spesial dari produk Anda sehingga membuat produk tersebut berbeda? Untuk menemukan solusinya, maka inovasi perlu dilakukan.

Baca Juga : Tips Jitu Membangun Social Branding di Social Media

Sebagai produsen gamis, Esteva memahami bahwa sangat banyak yang menjual gamis saat ini. Namun mereka melakukan hal baru dengan cara memproduksi gamis yang motifnya merupakan motif digital printing pada kainnya. Sederhana, bukan?

Namun, coba Anda ingat kembali, adakah produsen gamis yang menjual gamis dengan kain yang motifnya dicetak melalui digital printing? Inilah yang disebut inovasi. Mengevaluasi pasar, kemudian mencari apa yang belum ada di pasar yang ingin Anda target tersebut.

Dengan adanya pembeda produk Anda dengan produk sejenis, pelanggan akan lebih mudah mengenali produk Anda. Sehingga hal tersebut menjadi ciri khas dari bisnis Anda. Ketika orang berbicara tentang gamis digital printing, orang akan mengingat Esteva.

Baca Juga : Menentukan Platform E-Commerce Untuk Bisnis Anda

Gamis Esteva tidak berbeda dari segi model. Tetap dengan model gamis sederhana, hanya bermain pada motif yang beragam dari hasil digital printing tersebut. Dari hal sederhana tersebut saja sudah bisa menjadikan Esteva memiliki ciri khasnya sendiri.

Bagaimana melakukan inovasi?

Hasil dari inovasi bisa membuat perbedaan yang bisa menguatkan bisnis Anda. Nah, untuk melakukannya, sebelumnya Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman untuk bisnis Anda. Hasil dari riset pasar tersebut nantinya dianalisis dan digunakan untuk melakukan perencanaan inovasi.

Singkatnya, amati pasar di mana Anda ingin ‘bermain’. Agar Anda bisa bergabung, cari apa yang belum ada di sana dan apa yang bisa Anda tawarkan untuk pasar tersebut. Inovasi juga merupakan salah satu cara untuk mempertahankan bisnis Anda tetap berdiri di tengah ramainya pasar.

Sudah siap berinovasi? Yuk share pendapat dan pengalaman di kolom komentar.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + 16 =