financial technology

Financial Technology — Kini perkembangan teknologi semakin pesat. Ditambah dengan perkembangan internet, teknologi menjadi semakin canggih. Selain pertumbuhan marketplace, kini juga mulai marak pertumbuhan financial technology atau yang biasa dikenal dengan sebutan fintech.

Di Indonesia sendiri, fintech ini sudah cukup banyak bermunculan. Beberapa diantaranya bergabung dengan bidang bisnis lain, sedangkan lainnya berdiri sendiri sebagai layanan keuangan yang berbasis online.

Baca Juga : Para Pebisnis Online Wajib Mengenal 5 Istilah SEO Ini

Financial Technology : Apa sih Fintech itu?

Menurut National Digital Research, Financial Technology atau fintech adalah sebuah inovasi di bidang financial atau keuangan dengan memanfaatkan teknologi. Di Indonesia, mayoritas pelaku fintech adalah startup yang bersinergi dengan bank. Hal tersebut disampaikan oleh CEO portal online Modalku, Reynald Wijaya.

Konsep fintech yang merupakan layanan keuangan berbasis online diharapkan mampu menghadirkan transaksi keungan secara lebih praktis dan aman. Banyak hal bisa dikategorikan sebagai fntech antara lain proses pembayaran, transfer, proses peminjaman dana dan lain-lain.

Financial Technology : Mengapa fintech mulai populer?

Ada beberapa alasan mengapa fintech kemudian begitu populer, terutama di Indonesia. Pertama, banyaknya net generation yang terbiasa serba cepat. Para net generation ini tumbuh bersama perkembangan teknologi dan juga internet, sehingga pribadi yang serba cepat kemudian terbentuk. Kita semua tau, dengan teknologi dan internet, semua ada dan mudah mendapatkannya. Segala hal terkait teknologi dan internet atau online cenderung lebih cepat dan praktis. Dengan begitu, fintech diminati karena sangat mendukung gaya hidup serba cepat pada masa kini.

Baca Juga : Tren Content Marketing Indonesia di Tahun 2017

Alasan kedua, banyaknya pengguna internet dan smartphone. Dengan meluasnya penggunaan internet dan smartphone, maka fintech pun semakin banyak digunakan. Layanan keuangan berbasis online tersebut memungkinkan seseorang untuk mengakses layanan keuangan, contohnya transfer, tanpa harus ke ATM atau bank. Layanan keuangan mobile tentu saja diminati di tengah zaman yang serba cepat ini.

Selain itu, ada alasan lain yang sederhana mengapa fintech begitu diminati dan berkembang di Indonesia. Kisah sukses orang lain dalam mengembangkan fintech, seperti GoJek dan Uber memicu orang lain untuk membuat inovasi atau merintis usaha dalam bidang fintech. Sedikit bayak memang kisah sukses orang dapat menginsipirasi orang lain untuk mengembangkan atau memulai bisnis.

Kini di Indonesia telah muncul berbagai fintech dengan jenis yang juga bervariasi. Ada jenis pembayaran, peminjaman, perencanaan keuangan, investasi dan lain-lain. DoKu, Sakuku BCA, Sepulsa.com merupakan contoh beberapa fintech yang termasuk dalam kategori pembayaran. Sedangkan Bareksa, IpotFund dan Xdana.com merupakan kategori fintech dalam bidang investasi. Untuk kategori perencanaan keuangan, ada yang khusus untuk UKM juga lho. Ada Jurnal.id, Akunting Mudah, Sleekr, dan Yonkio. Nah, sudahkah ada yang mencoba fintech di atas? Share di kolom komentar ya..

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − eight =