Dalam beberapa tahun ini platform digital marketing di Indonesia mulai mewabah, hampir bersamaan dengan beberapa kasus oknum pemerintahan yang terjerat KPK šŸ™‚ . Tapi wabah digital ini tidak selalu memberikan dampak negatif, banyak juga cerita sukses yang menggelembung berawal dari sebuah platform digital.

Sebagai acuan bersama berikut ini adalah data infografis digital marketing di Indonesia yang saya dapatkan dari Wearesocial salah satu agency Digital Marketing di negeri Paman Sam.

BacaJuga: ROI Dalam Ranah Digital Marketing

Agency ini melakukan penelitian terhadap beberapa negara terkait penetrasi Internet dan terapannya, dan beruntungnya negara kita Indonesia menjadi salah satu sample penelitian sehingga kita bisa mempelajari hasilnya disini.

  1. Infografis Keyword IndikatorĀ 
Digital Marketing Di Indonesia
Keyword Indikator yang digunakan – (Sumber Wearesocial)

Dari data diatas terlihat komposisi indikator yang dijadikan basis penelitian. Yang menarik dari data ini adalah pengguna Mobile Phone yang memiliki koneksi internet jumlahnya 326,3 Juta diatas total populasi penduduk Indonesia yang memiliki total populasi 259,1 Juta. Hal bisa jadi karena banyak orang Indonesia yang memiliki lebih dari satu mobile devicenya.

BacaJuga: Alasan UKM Harus Memiliki Website Sendiri

2. Infografis Data Kepemilikan Device

Digital Marketing Di Indonesia
Data kepemilikan device yang memiliki koneksi internet (Sumber Wearesocial)

Dari data kepemilikan device yang aktif, kita bisa melihat bahwa masih didominasi oleh Mobile Phone dan Smartphone, kalau ditanya bedanya lihat bentuknya saja ya, mobile phone yang masih pakai keyboard QWERTY ehehehe.

BacaJuga:Ā EBanking Tuntutan Di Tengah Kehidupan Yang Serba Praktis

3. Infografis Platform Social Media Teraktif

Digital Marketing Di Indonesia
Platform social mediaĀ paling aktif di Indonesia (Sumber Wearesocial)

Buat yang punya Toko Online, pasti familiar dengan social platform ini. Dan ternyata juara untuk Chat Platform masih dipegang oleh BBM lho, bisa kemudahan dan hampir semua segmen memiliki aplikasi ini. Jadi jangan sampai ditinggalin ya šŸ™‚ Hampir semua platform ini memiliki akses publik, dimana kita bisa mengshare apapun secara publik, jadi tidak informasi yang kita bagi tidak hanya dibaca oleh temen yang sudah saling bertautan.

4. Infografis Akses Ecommerce Dari Beberapa DeviceĀ 

Digital Marketing Di Indonesia
Aktifitas Ecommerce pada setiap device yang dimiliki – (Sumber Wearesocial)

Infografis terakhir mengenai atifitas ecommerce yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yang paling tinggi adalah aktifitas mencari produk melalui mesin pencari untuk dibeli dalam rentang waktu 30hari.

BacaJuga: Cara Pemasaran Produk Online Dengan 7 Langkah Jitu

Nah menurut saya 4 data infografis inilah yang bisa mencerminkan aktifitas Digital Marketing yang ada di Indonesia, secara valid atau tidaknya saya serahkan ke kawan kawan semua ya, kalau minat sisa dari hasil survey untuk Indonesia silahkan Klik Disini ya kawan kawan sekalian.

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 5 =