digital marketing dan social media marketing

Digital Marketing dan Social Media Marketing — Para pebisnis online pasti sudah familiar dengan pemanfaatan media digital dan juga internet untuk keperluan bisnisnya. Tapi adakah diantara kalian yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih bedanya?

Digital marketing saat ini lebih banyak memanfaatkan internet sebagai media utama promosi. Berbicara tentang digital, media yang digunakan ialah media digital seperti computer, laptop, tablet dan smartphone.

Digital marketing secara garis besar adalah membangun kesadaran dan mempromosikan merek atau produk melalui segala jenis saluran digital yang tersedia. Jadi digital marketing juga menggunakan saluran-saluran yang tidak berbasis internet, salah satunya seperti SMS.

Baca Juga : Bagaimana Menyusun Digital Marketing Plan

Komponen utama dari digital marketing terdiri dari internet marketing dan saluran-saluran non-internet. Yang termasuk dalam internet marketing ini adalah web, search engine marketing (termasuk SEO dan iklan pay-per-click), smartphone, mobile marketer (Google Play atau Apple Store), email marketing, iklan banner online serta social media.

Sedangkan saluran-saluran non-internet ini antara lain televisi, radio, SMS, billboard digital. Meskipun penggunaannya mungkin lebih sedikit daripada yang menggunakan internet, namun saluran-saluran ini juga masih dimanfaatkan.

Lalu bagaimana dengan social media marketing?

Social media marketing merupakan bagian dari digital marketing yang berfokus pada pemanfaatan social media untuk keperluan bisnis. Misalnya jika kalian menggunakan Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain untuk bisnis online.

Penggunaan social media menitikberatkan pada interaksi pengguna, pertukaran informasi, dan membentuk komunitas serupa. Segala hal dengan aspek ‘social’ di dalamnya.

Baca Juga : Ber-Social Media Yang Baik, Sudahkah Anda?

Dengan popularitas digital media, banyak orang kini melibatkan digital marketing dalam keseharian mereka. Banyaknya orang yang memanfaatkan digital marketing dan social media marketing ini kemudian membuat dua cara pemasaran ini penting untuk dipahami bagi para pebisnis. Terutama yang memilih bisnis online.

Jadi, perbedaan digital marketing dan social media marketing apa ya?

Dari ulasan di atas, dapat dilihat bahwa social media marketing sebenarnya merupakan bagian dari digital marketing. Digital marketing bukan hanya kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online, namun juga kegiatan pemasaran yang dilakukan secara offline.

Sedangkan social media marketing hanya bisa dijalankan secara online karena erat hubungannya dengan internet. Lantas, lebih baik mana, social media marketing atau digital marketing? Tidak ada. Keberhasilan atau kegagalan dari promosi bergantung pada strategi pemasaran dan produknya. Jadi pilih cara pemasaran yang tepat bagi bisnis kalian.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − 9 =