email marketing

Membangun Email Marketing ? mungkin dalam aktifitas marketing offline sering kita lakukan dan terlihat mudah, misal dengan bertukar kartu nama dengan relasi atau calon pelanggan Anda. Dan kemudian data tersebut di kumpulkan oleh team internal untuk dijadikan database marketing yang setiap saat bisa kita gunakan untuk memfollowup para prospek bisnis yang menurut kita bisa menghasilkan penjualan.

Iya, tujuan Email Marketing buat saya hanya satu, yaitu menciptakan penjualan.

Email Marketing
Dapatkan Katalog Produk Kerajinan Kulit Terbaik Dari Pramasew Sekarang Juga.

Jadi seharusnya tidak ada bedanya tujuan yang ada di bisnis offline dengan di bisnis online disaat kita menggunakan email marketing sebagai salah satu alat pemasarannya. Tujuan akhirnya adalah bagaiamana kita bisa menghasilkan penjualan dari database tersebut. Pertanyaan yang mungkin muncul dan seringnya muncul adalah, bagaimana kita bisa menyusun data base email pelanggan untuk sebuah bisnis online. Sedangkan sebuah daftar pelanggan yang secara loyal memberikan databasenya kepada kita adalah sumber daya yang paling efektif dan dapat diandalkan para pemasar.

Berikut ini adalah 15 Tips Membangun Daftar Email Marketing untuk usaha Anda :

1.Memberikan Konten Yang Berkualitas, apapun bentuk konten yang Anda tawarkan, mulai dari Artikel, Audio, Video, Grafis dll pastikan konten tersebut berharga dan menarik bagi pembaca Anda. Tanpa anda minta mereka akan memberikan data mereka.

2.Form SignUp, Menggunakan sebuah form signup akan memudahkan kerja Anda karena semuanya berlangsung secara otomatis. Yang pasti, buatlah sebuah form yang selalu terlihat dan mudah untuk mengisinya tanpa mengurangi kebutuhan Anda akan sebuah data base email marketing. Akan lebih menyenangkan menganalisanya jika form signup tersebut juga ada di website profile atau ecommerce yang kalian miliki.

3.Integrasi dengan Social Media, sudah begitu banyak pendapat bahwa share ke social media akan memiliki pencapaian area yang luas. Dengan mengintegrasikan dengan social media kalian akan memiliki kesempatan mendapatkan traffic yang lebih besar.

BacaJuga: Cara Mudah Menambah Follower Di Instagram

4.Mengkonsep form dengan baik, Bukan berarti harus lama dan kita tidah segera mengirimkannya, bisa jadi kita kirimkan konsep awal, kita analisa, mulai dari struktur, image dan linknya. Gunakan platform Email Marketing seperti MailChimp atau GetResponse untuk mempermudah pekerjaan kalian.

TIPS : SEMAKIN SIMPLE BENTUK FORM SIGN UP EMAIL MARKETING SEMAKIN TINGGI TINGKAT KONVERSINYA

5.Infokan mengenai privasi, dimana kalian akan menjamin bahwa email yang kalian dapatkan tidak akan disalah gunakan dan akan dijamin kerahasiaanya.

6.Tunjukkan contoh kontennya, dengan begitu calon pelanggan kalian tahu atas dasar apa mereka melakukan proses Sign Up. Jadi gak kerasa seperti beli kucing dalam karung.

7.Tambahkan sedikit kata kata provokasi, seperti “Berikut Ini Adalah Ebook Terbaik Mengenai Digital Marketing Di Indonesia dan Sangat Penting Buat Kalian Yang Mempelajari atau terjun langsung dalam dunia Internet Marketing”. Dapatkan sekarang juga secara GRATIS ! .

8.Memberikan secara GRATIS, iya anggaplah kalian lagi kasih insentif ke calon pelanggan atau lagi bersedekah informasi. Beberapa toolnya bisa dengan Ebook, Image, Mini Video Tutorial dll.

9.Ingatkan Pelanggan Untuk Share, kalau hanya pasang tombol saja akan sedikit impact yang akan kita dapat, sangat berbeda kalau kita sering mengingatkan kepada pelanggan jika dirasa informasi yang kita berikan bermanfat, boleh untuk dishare oleh mereka.

10.Pikirkan pola distribusi kontennya, jika kalian sudah bisa membuat konten yang menarik, itu masih belum membuat tugas kita sudah selesai, pastikan kita bisa membaginya dan memastikan tampak terlihat jelas oleh target kita.

11.Bikin halaman khusus, pola ini bisa kita buat juga di platform email marketing. Selain form signup bisa ditempel di website, mereka bisa juga berdiri sendiri. Dengan begitu kita bisa menyebarkannya dengan lebih mudah dan yang pasti akan lebih mudah diakses oleh pelanggan karena formatnya single page (satu halaman).

12.Pikirkan Strategi kontennya, membuatnya mungkin bisa jadi bagi kebanyakan orang akan sangat mudah. Yang jago menulis akan membuat artikel, yang jago design akan membuat image atau infografis, apalagi yang jago video, akan juga membuat video promosinya. Yang pasti saat kontent kita sudah jadi, itu masih setengah jalan lho. Pastikan konten kita MUDAH diakses, dilihat oleh target yang TEPAT. Agar hasilnya lebih optimal.

BacaJuga: 3 Alasan Penting Membuat Video Promosi

13.Bikin penawaran khusus, hari gini kata kata DISKON masih punya power lho, apalagi secara persuasif dan dengan lugas di BOLD di kasih FONT khusus misal seperti “PERLENGKAPAN KAMERA, KHUSUS HARI INI DISCOUNT 70%” apa gak langsung klepek klepek itu pelanggan, kalau ada yang bilang gak bisa atau gak ada efeknya, bisa jadi tempat naruhnya yang salah, alias salah targetnya hehehe.

14.Sertakan testimoni, sebuah referensi dari pengguna lama akan sangat membantu meningkatkan konversinya. Beberapa kata ajaib dari pelanggan lama bisa jadi magnet yang sangat manjur untuk meningkatkan konversinya.

15.Konsisten, bukan harus banyak juga sich, tapi secara reguler. Produksi konten memang membutuhkan konsistensi tingkat tinggi hampir mirip kayak bikin martabak kliatanya eheheh. Web yang memiliki umur tua didukung dengan konten yang besar so pasti akan lebih disukai oleh mensin pencari, apalagi kita kontennya berkualitas.

Selain bisa bermanfaat bagi orang lain, kita bisa dapat uang jajan juga lho

Diawal membangunnya bisa dengan menjadi penulis tamu, banyak sekarang blog yang memberikan kesempatan menjadi penulis tamu bagi yang berminat share. Ini akan sangat berguna bagi kita apalagi jika kita masih pemula. Biasanya penulis tamu diperbolehkan memasang link link yang akan mendukung proses backlink natural ke blog pribadinya atau ke Form Signup yang sudah kita bangun.

Nah itu tadi ya beberapa tips untuk membangun Email Marketing. Jika ada yang dirasa membingungkan bisa kita saling berdiskusi di kolom komentar. Dan jikapun informasi ini bermanfaat buat kalian atau buat orang lain, saya akan sangat senang sekali jika materi ini dishare.

BacaJuga: Kumpulan Strategi Internet Marketing Untuk Pengembangan UKM Indonesia 

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here