bisnis online melalui marketplace

Bisnis Online Melalui Marketplace – Kecanggihan teknologi tentunya mempengaruhi gaya hidup, salah satunya ialah teknologi internet. Dengan adanya internet membuat hidup semakin mudah dan praktis, seperti untuk urusan berbelanja. Kini anda tidak perlu pergi ke pasar atau mengunjungi gerai-gerai untuk membeli barang yang anda cari. Saat ini sudah banyak orang mulai memanfaatkan marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, hingga Shopee untuk menjual barang. Kemudahan tersebut kemudian menjadi peluang bagi orang lain untuk ikut memulai bisnis online melalui marketplace.

Cara Memulai Bisnis Online Melalui Marketplace

Baca Juga : Mengenal Marketplace Sebelum Menjalankan Toko Online

Untuk memulai bisnis online melalui marketplace cukup mudah. Anda perlu mendaftar pada salah satu marketplace (Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee) atau biasa disebut membuat akun di marketplace tersebut. Pada saat anda membuat akun, nantinya anda akan diminta untuk memberi foto untuk avatar akun anda. Foto tersebut bisa foto logo toko anda, atau juga bisa berupa ilustrasi yang menggambarkan produk yang anda jual. Misalnya anda menjual novel-novel, anda bisa member gambar untuk avatar berupa ilustrasi buku.

Baca Juga : Marketplace di Indonesia Berikan Kemudahan Membuka Toko Online

Selain foto sebagai avatar akun, anda juga akan diminta untuk memberikan informasi mengenai toko anda, seperti jenis barang apa yang anda jual, tempat domisili anda, serta jasa pengiriman yang anda gunakan. Meskipun anda membuka toko online, pembeli tentu perlu tau lokasi anda sehingga ia bisa memperkirakan ongkos kirim dari tempat anda ke tempat tinggalnya. Jasa pengiriman yang anda gunakan juga biasanya ditanyakan oleh pembeli karena mereka juga perlu memperhitungkan ongkos kirim. Membandingkan harga merupakan hal yang wajar dilakukan oleh konsumen, sehingga memfasilitasi mereka dengan informasi tersebut akan sangat membantu.

Baca Juga : Tips Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM)

Selanjutnya, anda bisa mulai mengunggah foto produk anda. Yang perlu diperhatikan, foto produk yang anda unggah sebisa mungkin tampak menarik dan jelas. Perhatikan pencahayaan pada saat memotret produk yang akan anda jual. Foto yang gelap tentu tidak bisa terlihat dengan baik detail produknya, juga tak menarik. Langkah selanjutnya adalah memikirkan sistem  pembayaran dan pengiriman barang. Umumnya semua marketplace telah memfasilitasi sistem pembayaran dan pengiriman. Anda hanya perlu mengirimkan barang sesuai dengan pilihan jasa pengiriman yang dipilih oleh konsumen.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ialah merespon pesanan dari konsumen. Jika anda menggunakan salah satu marketplace, anda bisa menggunakan fitur “chat” yang biasanya disediakan oleh marketplace tersebut. Namun anda juga bisa menyebutkan informasi kontak yang anda pilih (LINE, BBM, WhatsApp atau SMS) untuk dihubungi oleh pembeli pada informasi tentang toko anda. Selamat memulai bisnis online anda!

Baca Juga : Strategi Internet Marketing Untuk UKM Indonesia

banner-ss7-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here