belajar-seo

Belajar SEO – Apakah Anda masih berpikir bahwa Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO itu sebuah proses yang sulit? Kebanyakan orang pasti berpikir demikian. Beberapa hal yang beredar di dunia digital marketing memang seringkali memaparkan fakta – fakta yang seringkali menyebabkan Anda untuk menyurutkan niat melakukan SEO sendiri.

belajar-seo

Berikut ini adalah beberapa fakta seputar SEO:

Fakta 1 : SEO adalah hal teknis, di awal terlihat sangat kompleks dan sulit untuk dilakukan. Well.. jika diawal Anda sudah berpikiran seperti ini, maka jangan harap bisa melakukan Search Engine Optimization. Anda kalah sebelum berperang.

Fakta 2 : Google tidak ingin seorang pun menganggap SEO itu mudah. Kenapa? kenyataannya Google menghasilkan pendapatan yang sangat besar dari iklan (adwords). Google akan selalu berharap bahwa iklan adalah cara satu-satunya bagi Anda untuk nongkrong di halaman satu dari keyword yang Anda bidik. Google tidak pernah menjelaskan secara gamblang tentang bagaimana cara kerja SEO, dilain sisi Google memberikan panduan langkah demi langkah bagaimana Anda mengoptimasi pemasangan iklan ke Mereka.  Jika Anda sudah merasa pemasangan iklan bebayar adalah yang terbaik maka jangan pernah berpikir untuk melakukan SEO. Pikirkan fakta bahwa SEO adalah GRATIS , sementara Ads atau iklan membutuhkan biaya! Anda bisa melakukan SEO! dan Anda bisa mendapatkan halaman pertama pencarian dengan gratis.

Fakta 3 : Anda banyak sekali menemui para ahli maupun tools di industri SEO dengan biaya yang relatif mahal dengan tidak jarang muncul intimidasi secara tidak langsung yang menyatakan SEO merupakan hal yang rumit dan hanya seorang jago komputer dengan gelar minimal S2 yang bisa melakukannya. Mereka coba menanamkan ketergantungan pada Anda dan merogoh kocek yang tidak sedikit. Jika Anda masih berpikir bahwa hanya orang – orang expert yang bisa melakukannya, maka  jangan berpikir untuk melakukan SEO sendiri pada website – website Anda. SEO tidak hanya melulu tentang teknis, SEO adalah tentang kata kunci, konsep, dan pesan – pesan perihal pemasaran.

Percayalah! SEO tidak serumit dan sesulit yang Anda bayangkan setelah membaca ketiga fakta diatas.     Saat ini SEO sudah menjadi lebih sosial. Cobalah membuka diri kepada sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram. Bukankah berinteraksi melalui media sosial dengan calon customer merupakan aktifitas yang menyenangkan? Selamat belajar SEO, Sampai jumpa di halaman pertama Google 🙂

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 4 =