branding iklan indoeskrim - sumber channel youtube Indoeskrim Indonesia
branding iklan indoeskrim - sumber channel youtube Indoeskrim Indonesia

Branding – Apakah Anda sudah melihat iklan Indoeskrim yang viral di youtube? Iklan tersebut menjadi viral karena konsep branding yang unik. Yaitu menggabungkan antara kerajaan kuno dan modernisasi.

Iklan ini juga mengusung kedekatan keluarga dengan menampilkan tokoh, yaitu Ayah, Ibu, 2 orang anak dan pengurus kerajaan. Penasaran dengan iklan tersebut silahkan cek di youtube.

 

Baca Juga : Studiostar7, Partner Tepat Bisnis Fotografimu

 

Hal yang ditabrakkan misalnya tampak pada tokoh Ibu. yang memakai makeup dan pakaian ala kerajaan kuno tetapi menelpon sang Ayah menggunakan smartphone. Case dari smartphone tersebut berwarna keemasan dengan ukiran ala kerajaan kuno.

Contoh lain misalnya tokoh Ayah yang mencari lokasi sang Ibu menggunakan Google Maps. Sementara alat transportasinya adalah seekor burung raksasa. Iya, seekor burung raksasa. Kemudian tokoh Ayah langsung meluncur menuju lokasi Ibu berdasarkan petunjuk map. Dan masih banyak contoh lain yang sengaja ditabrakkan.

 

Baca Juga : Pergeseran Perilaku Komunikasi Konsumen di Era Digital

 

Iklan ini dipublikasikan pada 3 Juli 2017 di channel youtube Indoeskrim Indonesia. Tujuan sebenarnya adalah untuk menunjukkan varian rasa Indoeskrim yang terdiri atas rasa kopyor, kacang hijau, dan es teler.

Lalu branding unik seperti apa yang dapat dipelajari dari iklan ini? Pertama tidak melupakan ciri khas budaya Indonesia. Iklan Indoeskrim menunjukkan bahwa 3 varian rasa tersebut asli Indonesia. Dan varian rasa tersebut telah disukai masyarakat sejak dahulu kala dengan menerapkan setting kerajaan kuno.

 

Baca Juga : 6 Manfaat Instagram Bisnis Sebagai Cara Promosi

 

Kedua, keunikan iklan tersebut tampaknya dapat ditiru oleh pebisnis UKM di Indonesia. Konsep iklan unik yang diangkat oleh Indoeskrim dengan menggabungkan setting kerajaan zaman dahulu dan kemajuan teknologi smartphone. Menarik bukan?

Siapkan konsep branding yang unik dan dapat menarik perhatian target market. Jika financial terbatas, Anda tidak harus menggunakan iklan dengan konsep rumit dan biaya mahal, yang penting value dari suatu produk dapat diterima oleh audience.

 

Baca Juga : Apa Itu Instagram Bisnis?

 

Dari iklan Indoeskrim ini, hal ketiga yang dapat Anda pelajari bahwa penerapan hardselling dalam branding produk menjadi hal yang diutamakan. Selain hardselling, sebaiknya terapkan juga softselling dalam pemasaran. Sehingga audience tidak menyadari bahwa sebenarnya ia sedang diterpa value tertentu dari suatu produk.

Setelah branding selesai dibuat, jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan menyebarkan value produk Anda. Bisa melalui website resmi, channel youtube, facebook, instagram, twitter, line@, dan sebagainya.

 

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

 

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here