Jaman kejayaan Blog itu menurut saya di awal tahun 2005 an dimana mulai muncul Web 2.0 yang merubah wajah dunia digital. Dengan Web 2.0 kita lebih bisa berinteraksi dalam sebuah platform internet. Tidak hanya sebuah papan tulis yang berisikan tulisan tapi kita bisa saling berinteraksi didalamnya. Dan salah satu engine blog yang terkenal saat itu adalah Blogger[dot]com dan WordPress[dot]com. Keduanya memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin memiliki halaman online, sekedar ingin menuliskan sebuah cerita atau mungkin sampai pada level penulis yang proffesional. Tidak sampai disitu, kita juga mulai bisa membagikan kategori file lain berupa Foto ataupun Video.

Dan sampai saat ini, menurut saya kemampuan pengolahan yang sederhana tapi optimal dimiliki oleh WordPress, sebuah platform blog engine yang banyak sekali digunakan oleh Blogger dunia. Dengan system CMS (Content Management System) yang dimiliki oleh WordPress kita bisa membuat sebuat website yang menarik dan sangat mudah di kelola. Hampir semua website yang kami kelola menggunakan WordPress Engine seperti :

  1. Studiostar7.net – Toko Perlengkapan Studio Fotografi
  2. Pertaminabrightgas.com – Program Undian Berhadiah Pertamina Brightgas

Oke, kita bahas satu satu langkahnya bagaimana membuat sebuah web atau blog dengan berbasis WordPress Engine. Yang merasa penjelasan saya terlalu cepat “Angkat Tangan” yak ūüôā

  1. Tentukan Web Hosting
Informasi Internet Marketing & Social Media by Infodigimarket.com
Informasi Internet Marketing & Social Media by Infodigimarket.com

Saat memutuskan Anda akan memakai sebuah Web Hosting, berarti anda sudah naik beberapa level untuk lebih proffesional dalam dunia digital marketing. Karena, dengan webhosting berbayar Anda menunjukkan sebuah keseriusan yang tidak bisa didapatkan dari sebuah blog gratisan. Bolehlah kita memulainya dengan blog gratisan, tapi anda akan merasakan passion yang berbeda saat kita menyewa sebuah web hosting, misal untuk bisnis online yang akna kita bangun.

TIPS: Saat memilih Webhosting tentukan dulu kebutuhan Disk Space yang Anda butuhkan, bisa jadi ukuran kecil seperti 200Mb cukup untuk sebuah blog yang rata rata hanya menggunakan text, tapi untuk blog yang berbasis text dan visual (image & video) . Saya sarankan memakai space minimal 1Giga. Karena hal ini terkait dengan biaya sewa perbulan yang akan kita tanggung.

2. Tentukan Nama Domain 

Nama domain ini layaknya sebuah label yang akan melekat di blog Anda sampai 1 tahun masa sewa. Selayaknya sebuah bangunan toko, akan butuh papan nama bukan , ya inilah peranan dari sebuah domain. Variasi yang ditawarkan bisa dari [dot]Com , [dot]Net , [dot]Id dan macam macam lagi.

TIPS: Yang perlu diperhatikan adalah masa sewa domain beda dengan masa sewa Hosting, jadi kita membayar 2  masa sewa, yaitu untuk hosting dan domain.  Untuk memilih domain, usahakan relevan dengan content yang akan kita tampilkan di blog kita. Seperti www.Infodigimarket.com yang berisi mengenai informasi dunia digital marketing dan social media. 

3. Install WordPress Engine 

Inilah langkah yang mungkin paling sulit, karena kita akna berhadapan dengan “bahasa-bahasa” yang tidak familiar. Anda akan dikenalkan dengan PHP text , Local Host dan Cpanel. Beberapa instrumen rumit yang mungkin akan sangat membingungkan kecuali Anda memang memiliki basic ilmu Web Development.

TIPS: Usahakan mencari, webshoting yang menyediakan jasa free installment wordpress engine agar langkah ini bisa dipermudah. Atau Anda bisa kontak team kami untuk membantu proses hal ini. 

4. Tentukan WordPress Theme 

Setelah semuanya selesai, kita serasa sudah memiliki sebuah kantor lengkap dengan papan namanya. Tinggal dekorasi yang belum kita aplikasikan, inilah fungsi dari WordPress theme . Didunia digital begitu banyak free themes yang bisa kita dapatkan. Jadi kita bisa memilihnya sesuai yang kita mau.

TIPS: Pilihlah themes yang bisa mengoptimalkan keberadaan website atau blog anda, misal selain designnya yang menarik, pilihlah wordpress theme yang SEO friendly agar keberadaan web atau blog kita mudah ditemukan visitor saat mereka melakukan pencarian di Google Search. 

Nah, jika semuanya sudah dilakukan, saya ucapkan Selamat Datang Di Dunia Digital. Silahkan berbagi informasi yang bisa meningkatkan kualitas kita ataupun kualitas para pembaca web atau blog kita pada umumnya. Jika ingin membuat sebuah Bisnis Online atau Toko Online berbasis WordPress, team Infodigi bisa memberikan beberapa tips khususnya. Bisa langsung chat di artikel ini untuk lebih detailnya.

Salam Digitizer,

 

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here