App Store – Bulan Ramadhan sebentar lagi datang. Tentunya persiapan diri kita untuk menyambutnya siap luar dan dalam, tidak selalu berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pokok seperti stok gula buat buka ataupun stok daging buat sahur yang sempet diramaikan oleh ibu ibu di tempat anak saya sekolah. Atau soal kegiatan kegiatan yang mulai disusun oleh beberapa komunitas.

Yah, saat Ramadhan datang dan begitu banyak cara untuk menyambutnya, yang jelas fokus dalam beribadah jangan sampai terlewatkan karena ini adalah bulan dimana sebaik baiknya bulan.

App Store adalah salah satu market place aplikasi untuk Apple Device. Begitu banyak ragam aplikasi yang disediakan salah satunya kebutuhan aplikasi untuk beribadah di Bulan Ramadhan

Dengan kemajuan teknologi saat ini kita sudah bisa mendapatkan beberapa kemudahan dalam menjalankan aktifitas beribadah dalam bulan Ramadhan salah satunya memanfaat beberapa aplikasi yang bisa kita download secara gratis dari smartphone atau gadget yang kita punya. Disamping itu kita bisa menilai terlebih dahulu apakah aplikasi ini layak untuk kita gunakan atau tidak, mengingat hal hal yang berbau tauhid harus kita telusuri terlebih dahulu sumbernya.

Saya akan share beberapa aplikasi yang bisa kita temukan dengan mudah di App Store. Saya memasukkan keyword Ramadhan saat memulai pencarian aplikasinya, dan menggunakan filter aplikasi terfavorit jadi dengan begitu kita akan review aplikasi yang memang sudah banyak yang download dan berikut ini adalah beberapa diantaranya yang saya sudah sempat saya coba.

BacaJuga: Aplikasi Google Yang Wajib Dimiliki UKM Indonesia

  1. Athan Pro
App store
Menu di aplikasi Athan Pro

Aplikasi besutan Quanticapss Ltd yang sudah banyak mengeluarkan beberapa aplikasi untuk muslim. Dalam aplikasi ini hampir memiliki semua kebutuhan muslim, dan tentunya saat tibanya Bulan Ramdhan tahun ini pun sudah ada updatednya. Kita bikin checklist nya sesuai menu yang ditawarkan :

  • Jadwal Adzan Sholat, bisa menyesuaikan dengan lokasi setempat, asal kita menyalakan setting location diawal ya. Dan suara yang bisa kita pilih kualitasnya relatif baik.
  • Arah Kiblat, menunjukkan arah yang benar, sayangnya jarum kompas kiblat tidak sama dengan jarum kompas mata angin, dimana kalau di Indonesia jarum kiblat lebih dekat ke arah Barat (WEST) tapi kalau di aplikasi ini jarum kompasnya ke arah Timur (EAST) , jadi yang salah adalah indikator arah mata anginnya saja, tapi arah kiblatnya sesuai dan sampai sekarang belum ada updated mengenai hal ini.
  • Islamic Place, untuk tempat hanya menampilkan masjid dan restoran halal, dan sayangnya masjid dekat rumah saya tidak muncul, lokasi masjid terdekat yang muncul di radius 3,7km, dan saya kurang tau apa penyebabnya.
  • Menu Quran, di aplikasi ini tidak terintegrasi, karena saat kita akses kita kita harus masuk ke App store lagi untuk mendownloadnya, termasuk terjemahan dalam bahasa Indonesia yang ternyata tidak tersedia didalamnya. Untuk kebenaran isinya saya tidak paham.
  • Jadwal Ramadhan, aplikasi ini memiliki jadwal Ramadhan yang sesuai dengan jadwal di Indonesia (atau bisa disesuaikan) dengan lokasi keberadaan kita, dan bisa dilihat tanggal 1 Ramadhan nya jatuh pada tanggal 6 Juni 2016.
  • Premium Version, yang bikin agak kurang nyaman adalah keberadaan iklan, tidak hanya banner kadang muncul dalam bentuk pop up ads yang membuat kita harus menunggu 5 detik sebelum kita bisa keluar dari pop ups ads ini, untuk menghilangkan tentunya kita harus membeli versi yang berbayar di app store, untuk aplikasi berbayar Athan Pro dihargai sebesar 59 Ribu Rupiah.

BacaJuga: Plusgin SEO Terbaik di WordPress

2. Muslim Mate

App store
Aplikasi Muslim Mate bisa didownload di App store atau pun di Google Play

Aplikasi kedua adalah Muslim Mate hasil developer DylogicApps PVT Ltd. Dan aplikasi ini adalah aplikasi muslim satu satuanya yang mereka keluarkan jika dilihat dari daftar di App Store. Jika dilihat dari model menunya sangat menarik dan mudah untuk di explore, oke kita checklist dulu ya ;

  • Jadwal Adzan Sholat, sudah bisa menyesuaikan dengan lokasi setempat dan jadwalnya pun saya cocokkan sama.
  • Arah Kiblat, arah kiblatnya selaras, bahkan dilengkapi dengan data kordinat (Latitude – Longtitude) untuk memudahkan kita mengevaluasinya.
  • Menu Quran, aplikasi ini juga menyediakan menua Quran dengan panel Surat – Juzz – Bookmark dan jadwal baca harian. Untuk kebenaran isinya saya tidak paham. Dan terjemahannya hanya ada dua bahasa yaitu Inggris dan Turki.
  • Islamic Place, untuk beberapa lokasi yang dimunculkan bermacam macam, misal masjid, restoran halal, toko buku dll . Dan saya coba untuk masjid ternyata masjid dekat rumah saya muncul dengan radius terdekat adalah 0,4km.
  • Jadwal Ramadhan, sayangnya jadwal Ramadhan tidak sama dengan jadwal pelaksanaan di Indonesia dimana aplikasi ini mencantumkan bahwa 1 Ramadhan jatuih di Tanggal 7 Juni 2016.
  • Premium Version, dan seperti kebanyakan aplikasi yang gratis, aplikasi ini juga di “ganggu” dengan beberapa iklan banner dan pop ups. Untuk upgrade ke menu premium harganya 45rb dan kalau hanya ingin menghilangkan iklan saja ternyata bisa dengan harga 15rb.

BacaJuga: 15 Cara Membangun Daftar Email Marketing

3. Muslim Pro

App store
Aplikasi Muslim Pro bisa didownload di App Store

Aplikasi ini didevelop oleh Bitsmedia Pte Ltd. dimana aplikasi ini adalah aplikasi muslim satu satunya yang mereka luncurkan saat ini. Dari tampilan menunya lebih padat dengan ukuran image yang lebih besar dibandingkan Athan Pro. Sekarang kita check list ya:

  • Jadwal Adzan Sholat, aplikasi ini akan setting otomatis berdasarkan lokasi kita, lagi di medan pakai jadwal Medan, lagi di bali pakai jadwal Bali, lagi di Surabaya pakai jadwal Surabaya. Bahkan dibagian atas dituliskan sesuai dengan keluaran KEMENAG (kementerian agama RI)
  • Arah Kiblat, diawal kita akan disuruh melakukan kalibrasi dan kompasnya akan menunjukkan arah kiblat dengan ujung diberi tanda gambar Kabbah. Dan aplikasi ini menunjukkan arah kiblat yang tepat.
  • Menu Quran, didalamnya sudah termasuk menu Quran sampai 30 Juz dan kita bisa donwload untuk terjemahan dalam Bahasa Indonesia.
  • Islamic Place, untuk panelnya dipisah antara lokasi tempat umum dan masjid. Untuk lokasi masjid terdekat radius 4Km dan saat saya akses keluar text (Error-Quota Exceeded).
  • Jadwal Ramadhan, aplikasi ini juga dilengkap dengan updated terbaru mengenai menu ramadhan. Didalam menu ramadhan ternyata masih banyak isinya seperti, share jadwal puasa, table jadwal Ramdhannya pun sudah sesuai dengan jadwal pelaksanaan di Indonesia yaitu 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 6 Juni 2016. Dan yang terakhir di menu Ramdhan di lengkapi dengan kalkulator untuk Zakat kita.
App store
Jadwal Ramadhan 2016 Untuk Kota Surabaya (sumber Muslimpro)
  • Premium Version, untuk menghilangkan iklan, menambah variasi suara untuk pembacaan Quran dan Adzan dan juga beberapa fasilitas lain kita bisa mengupgradenya terlebih dahulu ke opsi premium dengan harga 75rb terhitung paling mahal dari 2 aplikasi sebelumnya.

Nah itu tadi review sederhana untuk aplikasi dari App Store yang mungkin bisa kita gunakan di Bulan Ramadhan ini. Saya sarankan untuk terus menelitinya dan memberikan masukan jika dirasa dari 3 aplikasi ini memberikan informasi yang kurang baik. Tidak ada aplikasi yang sempurna, tapi minimal beberapa toolsnya sangat memudahkan dan membantu kita dalam beribadah. Jika ada masukan atau koreksi dengan senang hati ya kawan kawan bisa menuliskannya di kolom komentar. Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan dan semoga kita menjadi salah satu orang yang beruntung di Bulan Ramadhan tahun ini.

BacaJuga: Kumpulan Artikel Terbaik Untuk Pengembangan UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =