Strategi Marketing – Saat ini Digital Marketing memegang peranan penting sekali dalam segala aspek usaha. Mulai yang level bawah, menengah apalagi yang level atas. Tidak bisa dipungkiri bahwa yang bisa survive dalam pasar yang kompetitif adalah bisnis yang bisa beradaptasi dengan kondisi pasar. Bahkan kalau bisa membaca lebih cepat dari pergerakan pasar.

Dengan adanya Internet dunia seakan semakin dekat. Peluangnya semakin lebar sehingga kita harus semakin cepat berproses untuk mendekat ke calon pelanggan kita. Karena itulah dibutuhkan sebuah system yang terintegrasi untuk menunjang proses marketing yang kita lakukan.

Menurut saya disinilah letak fungsi dari Digital Marketing. Menurut Wikipedia, arti Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan media digital yang dapat menjangkau konsumen tepat waktu, pribadi dan relevan. Perbedaan dengan sistem marketing biasa hanya di medianya. Perubahan dari unsur konvensional atau analog menuju era digital.

Secara aktifitas bisa jadi akan sama bahkan mungkin Marketing Plan nya pun sama. Tentunya telah disesuaikan dengan tools tools digital ya. Tapi yang sangat sangat membantu para mareketers dengan metode Media Digital adalah hasil researchnya. Ya inilah keunggulannya, fakto angka angka akan sangat dominan diranah analisa market.

Misal, hanya dengan menggunakan Facebook Page blog ini bisa memonitor secara Demography siapa saja yang memantau, membaca bahkan membagi link web ini untuk orang lain. Dan hebatnya lagi hal ini bisa kita pantau setiap hari. Dengan hasil analisa ini, kita bisa memutuskan beberapa hal, seperti :

1. Seperti apa iklan yang akan kita buat

2. Kapan waktu yang tepat iklan kita tayangkan

Nah, akan semakin efektif tentunya kan. Karena semuanya berbasis data. Maka semakin tipis pula peluang kesalahaan yang mungkin akan kita lakukan dalam setiap keputusan.

Bagaimana sekarang dengan Anda ? Berpikir beralih strategi marketing? Masih tidak mau bergerak kearah dunia digital ?

 

Salam Digitizer,

 

 

 

banner-ss7-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here