email marketing
email marketing

Email marketing – menjalankan bisnis online pasti memerlukan email . Anggaplah Anda pertama kali mendaftarkan email untuk bisnis Anda menggunakan gmail , yahoo , dan sebagainya . Kemudian membuat media sosial , mulai dari website , facebook , twitter , line@ , instagram , dll . Sehingga email menjadi sarang laba – laba karena Anda hanya fokus untuk berbisnis di media sosial . Memang menggunakan media sosial dapat meningkatkan penjualan , tetapi jangan lupa juga untuk memanfaatkan email marketing .

Apa itu email marketing ? Email marketing adalah pemasaran yang digunakan para pebisnis online menggunakan email atau surat elekronik . Email dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan . Biasanya email akan berisi penawaran – penawaran terbaru bagi customer .

Sebenarnya email merupakan sebuah surat konvensional yang dirubah bentuknya menjadi digital . Meskipun begitu perubahan tersebut tetap membuat email menjadi sesuatu yang private dan penting . Hal ini berlaku juga untuk email marketing , email digunakan sebagai salah satu media promosi dalam bisnis online .

Baca Juga : 15 Cara Membangun Daftar Email Marketing

Memang dapat meningkatkan penjualan , namun tidak jarang jika email tersebut dianggap sebagai spamming , sehingga tidak dibuka atau bahkan langsung dihapus . Lalu bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terjadi ?

Salah satu hal yang dapat Anda terapkan , yaitu dengan membangun konten yang berkualitas . Apapun bentuk konten yang Anda tawarkan , mulai dari artikel , infografis , video , audio , ataupun mix dari beberapa hal tersebut , pastikan konten tersebut berharga dan menarik bagi pembaca Anda . Semakin menarik konten email , semakin penasaran calon customer dengan barang yang Anda tawarkan .

Pastikan Anda memiliki data customer yang sesuai dengan target pasar Anda . Karenanya , Anda membutuhkan daftar email pelanggan lama dan pelanggan baru . Cara mencarinya bisa menggunakan layanan subscribe email di blog atau bisa juga menggunakan jasa email marketing yang sekarang ini sudah banyak di internet .

Selain digunakan untuk memberikan informasi terbaru pemasaran email bisa juga digunakan untuk menjalin komunikasi antara pelanggan , Jadi bisa kita bilang kalau email adalah salah sarana komunikasi yang sangat baik dan bahkan untuk menjalankan dunia marketing sangat direkomendasikan untuk menjalankan bisnis online .

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here