Apa sich yang paling menyenangkan saat memiliki akun social media ? pasti pada jawab “bisa kasak kusuk sambil sedikit curcol” Ehehe 🙂 Ya, hari gini social media di Indonesia sudah mempunyai tempat tersendiri. Mulai dari sekedar ajang ekspresi diri , ngobrol sama teman atau sejawat bahkan sampai menjadi salah satu alat promosi bisnis online. Dengan begitu banyak platform social media, kita diberikan begitu banyak variasi fasilitas untuk aktualisasi diri. Mulai dari Facebook, Twitter , Instagram , Path dan lain lain.

Peranan akun social media tidak lepas dari fungsi followernya dan bagaimana kita bisa mendapatkan follower tersebut. Karena tanpa follower di social media kita seperti punya buku diary yang gak bisa dibaca oleh orang lain. Termasuk Menambah Follower Instagram, dimana menurut saya memiliki karakter yang lain dibanding social media yang lain.  Kali ini akan saya bagi pengalaman bagaimana menambah follower Instagram. Berikut langkah-langkah mudahnya :

  1. Bikin Profil Instagram

Profil Instagram yang Anda buat haruslah memiliki fokus yang jelas jika Anda ingin menjadi sukses. Jika Anda menggunakan Instagram hanya untuk dapat berhubungan dengan teman-teman Anda, maka tidaklah apa-apa untuk memposting apa pun yang Anda sukai, tetapi terdapat kemungkinan bahwa orang-orang yang tidak tahu tentang Anda, tidak akan tertarik dan tidak akan mengikuti Anda. Deskripsi profil adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain ketika mereka ingin mengetahui profil Anda. Saya sarankan bedakan dengan antara akun pribadi dengan akun bisnis.

2. Membuat foto Instagram

Usahakan foto-foto terakhir Anda selalu terlihat mengagumkan. Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi follower Anda, mereka akan melihat foto-foto terbaru Anda untuk mendapatkan ide dari apa yang dapat mereka harapkan dari Anda nantinya di masa depan. Jika terdapat foto yang tidak mereka sukai, maka mereka tidak akan menjadi follower Anda.

Hal yang pasti adalah, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Hapus foto-foto yang tampak buruk jika memang Anda harus menghapusnya. Buatlah portofolio minimal 20 foto besar jika Anda baru memulai membuat Instagram.

3. Berikan Hashtag
Untuk mendapatkan follower Instagram lebih banyak, cara termudah untuk melakukannya adalah melalui hashtag. Jika Anda seorang fotografer portrait, gunakan hashtag seperti #mobil #motor dan lain lain. Berilah hashtag yang terkait tentang foto itu, agar jika orang lain ingin melakukan pencarian mengenai kategori foto, dia akan mendapatkan dengan mudah.

4. Jangan Spammy Tag (Menandai) hashtag

Banyak orang mencoba untuk menandai foto-foto mereka dengan setiap tag yang sering mendapat trend dan berharap agar terekspos lebih sering. Hal ini membuat tag menjadi tidak relevan dengan deskripsi foto, dan follower Anda juga risih melihatnya. Anda dapat menggunakan beberapa hashtag yang relevan, tetapi janganlah melakukan spamming. Tag pada orang yang dituju saja, jangan berlebihan karena kesannya akan mengganggu

5. Timing Upload

Usahakan saat mengupload foto di jam jam santai, sebelum berangkat kerja, jam istirahat, sore hari, atau malam antara jam 19.00 – 21.00 , diusahakan postingan Anda terbaca oleh follower dan tidak terscrol terlalu jauh.

6. Feedback Balik / respon cepat

  • Menyukai (like) adalah cara yang paling mudah dan tercepat, tetapi hanya bekerja bagi pengguna Instagram yang tidak mendapatkan banyak like.
  • Jangan sungkan memberikan komentar positif pada follower untuk mendapatkan perhatian. Cobalah untuk dapat menjelaskan mengapa Anda menyukai suatu foto dan bagaimana perasaan atau penilaian Anda. Meninggalkan komentar yang menarik akan bekerja, baik itu untuk pengguna Instagram dengan sedikit follower dan banyak follower. Sedangkan mereka yang memiliki follower sedikit tentu akan melihat komentar Anda dan mencermati siapakah yang meninggalkan komentar tersebut. Sedangkan jika Anda meninggalkan sebuah komentar menarik pada foto terbaru dari orang yang telah populer seperti misalnya selebriti, maka follower mereka juga akan penasaran dengan Anda yang meninggalkan komentar menarik tersebut. Komentar yang menarik bukanlah komentar yang menjilat dan ingin mencari muka.
  • Menjawab setiap komentar
  • Mengikuti orang lain dan juga menyukai foto mereka terdapat kemungkinkan untuk mendapatkan perhatian mereka,
  • Lakukan like balik

7. Posting
Setelah Anda mendapatkan beberapa follower baru, sangatlah penting untuk menjaga follower Anda. Cara termudah untuk kehilangan follower adalah dengan memposting banyak foto dalam sekali tempo. Jika mereka tidak menyukai salah satu foto Anda, mereka mungkin akan berhenti untuk mengikuti Anda. Dan jika Anda memposting foto sangat banyak dalam sekali tempo, kemungkinan besar mereka akan lari dari Anda.

Nah, bagaimana mudah bukan, jika kalian ingin menambahi langkah-langkah nya boleh lho, silahkan komentar disini, karena menurut saya tidak ada yang paten dalam setiap proses social media.

Salam Digitizer,

 

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − 15 =