Kelengkapan Blog – Sebagai bagian dari layanan iklan Google, AdSense dikenal memiliki cara pendaftaran yang rumit. Salah satunya yaitu kelengkapan blog yang menjadi pertimbangan Google AdSense untuk menyetujui Anda sebagai publishernya atau tidak.

Selain kelengkapan blog, Google juga menghindari adanya penipuan di dunia maya. Ada banyak blogger yang daftar Google AdSenses, namun tidak semuanya lolos menjadi publisher. Ada banyak kriteria yang ditetapkan Google. Tentu saja karena Google menginginkan blog yang menjadi publisher mereka adalah situs-situs yang berkualitas dan memenuhi aturan (TOS) mereka.

Baca Juga : Kenali Istilah Berikut Ini Untuk Kemudahan Di Google Adsense

Sebelum Anda mendaftar, pastikan kelengkapan blog Anda yang meliputi:

1. Jumlah Artikel

Tidak ada batasan minimal dari berapa artikel yang harus Anda upload. Karena fokus Google ada pada isi artikel yang Anda upload. Misalnya seberapa berkualitaskah artikel Anda dan originalitas yang Anda usung.

2. Widget Penting dan Navigasi

Widget penting misalnya tentang postingan terbaru di blog, kategorisasi artikel, artikel terbaru yang diposting, sebagainya. Pastikan pula navigasi pada blog Anda terlihat rapi dan tidak membingungkan.

Baca Juga : Apa Itu Google AdSense

3. Usia Blog

Jangan terlalu cepat mendaftarkan blog terbaru Anda pada Google AdSense. Setidaknya tunggu hingga blog Anda berusia sekitar 3 bulan lebih. Tidak ada patokan khusus mengenai berapa lama usia blog yang dapat menjadi publisher. Hanya saja lama usia blog merupakan salah satu pertimbangan Google untuk approval akun Anda. Selain itu lama usia blog juga menunjukkan adanya traffic visitor yang stabil.

4. Halaman Pendukung

Buat halaman pendukung untuk blog Anda. Misalnya seperti Contact About, Privacy Policy, Disclaimer, dan sebagainya. Ini akan membuat situs Anda terlihat serius dan memperhatikan pengunjung blog Anda.

Baca Juga : Keuntungan Memasang Iklan Di Google AdWords

5. Alamat Domain

Jika Anda sudah memiliki domain dan hosting sendiri, maka peluang untuk diterima oleh Google AdSense akan lebih besar, tentunya dengan memperhatikan poin-poin sebelumnya. Namun, jika Anda ingin menggunakan domain & hosting gratis, dan ingin menjadi publisher Google Adsense, maka sebaiknya Anda menggunakan Blogger.com. atau YouTube.com. Video pada Youtube harus memiliki views yang cukup banyak agar bisa diterima di program Google AdSense.
Google AdSense tidak bisa dipasang pada blog yang dibuat dengan WordPress.com, baik itu subdomain di WordPress ataupun domain sendiri yang menggunakan free hosting di WordPress. Ini adalah kebijakan (TOS) dari pihak WordPress.com sendiri.

Baca Juga : Langkah Mudah Daftar Google AdWords

6. Patuhi aturan dan kebijakan dari Google

Kebijakan Google berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Salah satunya yaitu setiap individu hanya dapat memiliki 1 (satu) akun AdSense saja.

Beberapa hal tersebut di atas dapat memudahkan Anda dalam approval AdSense oleh Google. Bukanlah hal yang menjadi patokan dalam pembuatan akun AdSense, namun tidak ada salahnya jika diikuti. Bagi Anda pebisnis UKM tidak ada salahnya pula mendaftarkan blog Anda sebagai salah satu tempat beriklan Google AdSense. Hal ini dapat membantu untuk menambah awareness pelanggan.

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here