Strategi Internet Marketing – Membicarakan sebuah bisnis buat saya adalah hal yang menyenangkan, bukan saja dilihat dari success story nya tapi juga dari setiap perjalanan penyusunan strategi internet marketing dan mengantisipasi segala aspek permasalahan yang muncul didalamnya. Gak tau kenapa dari segala bisnis yang paling saya sukai adalah membahas bisnis makanan. Sebuah bisnis yang sangat indah dilihat dari foto foto yang dihasilkan, menggiurkan dari segi revenue nya, dan masih sangat lebarnya peluangnya.

Dikutip dari statement Ketua APKRINDO (Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restaurant Indonesia) Jatim Tjahjono Haryono di KanalSatu, bahwa setiap tahun pertumbuhan restaurant, kafe, hingga depot di Surabaya bisa mencapai 20% yang biasanya hanya 10% , hal ini dibantu munculnya tempat tempat wisata baru seperti Surabaya Carnival, pembangunan infrastruktur seperti Middle East Ring Road (MERR) yang memunculkan usaha-usaha kuliner disekitarnya.

 

strategi internet marketingAnehnya, bisnis ini yang belum pernah saya sentuh untuk terjun langsung 🙂  ternyata memang benar pepatah bisnis kuno mengatakan “Terjun Langsung Tidak Semanis Dibandingkan Memandang Dari Atas” . Ternyata jika terjun langsung masih banyak hal yang belum saya ketahui. Memproses toko online aksesoris kamera, ternyata mirip tapi tak serupa dengan mengolah bisnis cafe atau kue rumahan, terutama penggunaan strategi internet marketing dalam proses promosinya. Beberapa tools yang digunakan sama karena basicnya menggunakan semua platform digital marketing. Bahkan identifikasi user social medianya juga sama. Yang bikin beda adalah pengetahuan dasar mengenai pengembangan usaha dan product nya (Business Knowledge and Product Knowledge) .

Dalam bisnis cafe, saya baru tau setiap spot kursi yang dipasang ada harganya dan ada target pelanggannya. Sedangkan dalam bisnis kue rumahan saya juga baru tau bahwa kemampuan oven kue tidak akan sama sepanjang waktu, bukan dalam hitungan bulan tapi dalam hitungan jam lho 🙂 semakin dalam saya bertanya, semakin banyak hal yang tidak saya ketahui, tapi semakin membuat penasaran bagaimana Internet Marketing akan berperan penting didalamnya.

Dalam bisnis makanan dan minuman seperti cafe ataupun kue rumahan, banyak hal yang bisa diexpose , banyak sekali tips dan trik yang bisa dibagi ke pembaca, dan inilah sebenarnya yang menurut saya nilai jualnya.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam proses Internet Marketing Untuk Bisnis Makanan dan Minuman adalah :

Mobile Friendly

Pasti lagi baca blog ini dari HP kan ? yah karena masyarakat indonesia sudah mengarah ke Mobile Minded. Penggunaan laptop ataupun PC mulai berkurang, kecuali untuk hal hal yang berbau pekerjaan khusus. internet-useUntuk sekedar membuka informasi dari internet kita akan lebih memilih membukanya melalui gadget ketimbang repot-repot buka laptop atau PC. Dari data yang dishare We Are Social sangat terlihat bahwa penggunaan Mobile Device di Indonesia sangatlah tinggi, karena itu juga di Indonesia adalah market yang menggiurkan bagi para provider gadget dan internet.

Kuatkan S.E.O

Kalau masih pada belum tau apa itu SEO bisa dicek di artikel saya sebelumnya, tapi semoga saja gak ya, karena taktik SEO menurut saya adalah taktik basic dari keberadaan sebuah web. Bagaimana kira kira calon pelanggan yang bersifat Mobile Friendly akan mengakses web kalian ? kalau saya mungkin akan , mengetikkan keyword di Google Search berkaitan dengan hal yang saya cari. Misal saya akan membutuhkan toko kue yang dekat dengan rumah saya, saya akan ketikkan kata ” Toko Kue Kering di Surabaya” . Nah SEO yang akan membantu memposisikan website atau link bisnis kita berada di halaman pertama dan kalau bisa diurutan pertama pula berdasarkan keyword yang diketikkan oleh pencari . Bagaimana jika hal itu terjadi? tentunya kesempatan untuk mendapatkan pelanggan semakin besar. Karena terkadang kita saat browsing di google search akan sangat malas membuka halaman selanjutnya kecuali benar benar dihalaman pertama tidak ada solusi buat kebutuhan kita.

Social Media Marketing

Saya pernah dengar issue kecil dimana penggunaan social media akan merusak sisi kemanusiaan kita, ya bisa jadi itu sisi negatifnya. Tapi dari segi positifnya, social media marketing mendekatkan unsur networking. Dan hal ini sangatlah penting buat sebuah usaha. Dengan Social Media kita bisa menemukan hal hal yang sangat efektif dalam segi promosi. Dengan social media kita akan lebih segmented, lebih personal. Itulah keterikatan yang harus terjadi sebelum transaksi (Engagement Before Sales).

Komunikasi Yang Spesifik

Usahanya boleh kue kering rumahan, tapi bukan berarti komunikasi yang dibangun harus general banget. Pembahasan kue rumahan bisa sangat detail. Mulai dari cara memilih oven yang benar, mulai dari pengukuran bahan agar standarisasinya tercapai dan masih banyak lagi. Ulas dengan detail, bagikan di web dan tunggu keajaibannya.

Content Marketing

Dari segala macam strategi marketing online, content marketing lah yang paling “menyenangkan” menurut saya. Tidak saja karena sifatnya yang soft selling. Kekuatan berbagi informasi itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung web. Menyajikan konten yang menarik dan berkualitas akan berbanding lurus dengan jumlah pengunjung web yang menyukainya, semakin banyak pengunjung web berarti semakin besar peluang terjadinya transaksi. Pemilihan tema, judul dan insertion image akan sangat berpengaruh dalam proses Content Marketing.

Nah, dengan langkah langkah tadi semoga semakin memacu kita untuk menebar pesona di ranah MEA2015. Saatnya UKM Indonesia punya peranan dalam kancah perekonomian global. Ini

 

Salam Ditizer,

 

 

 

 

banner-ss7-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here