Brand adalah sebuah merek dan segala sesuatu yang melekat pada perusahaan, sebuah reputasi yang selalu dipertahakankan oleh perusahaan agar tetap berkembang lebih besar. Dan setiap perusahaan akan berusaha untuk mem-branding perusahannya agar mendapatkan tempat dihati pelangganya.

Setiap perusahaan berlomba membuat, memperbaiki dan mempertahankan band yang dimiliki untuk lebih baik, dan menjadi brand yang banyak dipuja semua orang untuk mencari keuntungan yang lebih besar. Persaingan inilah yang akhirnya menjadikan para pelaku usaha berjuang untuk menciptakan bagaimana brandnya dicintai hingga dipuja. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain adalah :

  1. Ciptakan Keunikan
Brand Pramasew Tempat Pensil
Pramasew – Salah satu UKM yang bergerak dalam Industri Kerajinan Kulit yang memberikan service design yang unik by order

Menjadi unik adalah strategi bisnis yang banyak diterapkan. Setiap perusahan atau pun pengusaha selalu berusaha untuk menciptakan sebuah produk yang unik, berbeda dari yang lain. Dengan keunikan ini perusahaan akan memiliki ruang tersendiri di hati pelanggan. Tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki kesamaan keunggulan dengan perusahaan lain untuk menjadi yang terdepan dan nomer satu. Dengan menciptakan keunikan disetiap produknya, maka dengan sendirinya pelanggan akan datang mencari keunikan tersebut. Karena keunikan ini lebih spesifik daripada suatu produk yang dipaksakan sama dengan produk lain agar diterima dengan cepat.

  1. Memiliki Emosi

Manusia memiliki rasio dan emosi, kedua hal inilah yang akan memperngaruhi seseorang dalam memilih atau memutuskan suatu hal. Dalam perusahaan, emosi merupakan strategi interaksi yang sering sukses mengambil hati pelanggan. Emosi tertelak dalam hati, dan dengan emosi ini manusia bisa termotivasi untuk melakukan sesuatu. Seperti memutuskan untuk membeli barang. Seseorang sering menggunakan keinginan atau perasaannya saat membeli barang, dibandingkan rasionya yang sering diabaikan. Dalam hal ini sebuah brand berperan penting untuk memiliki emosi dengan pelanggannya. Pentingnya emosi dalam sebuah produk ini cenderung memunculkan sebuah kesenangan. Bisa kesenangan yang bisa dilihat oleh indra, atau yang dirasakan.

BacaJuga: Kumpulan Tips Promosi Toko Online
  1. Inovasi yang Kreatif

Tidak sekadar terus menciptakan produk inovasi sesuai kebutuhan pelanggan. Hal ini merupakan strategi transformasi yang selalu dikembangkan dalam setiap perusahaan. Penting dilakukan, sebuah inovasi harus menonjolkan kreatifitas. Dimana pelanggan akan menemukan sesuatu baru yang tidak pernah terfikirkan oleh orang lain sebelumnya. Karena setelah memaki emosi yang positif, perlu dilakukan kreatifitas untuk menarik emosi pelanggan agar cenderung memilih produk kita daripada produk yang lain meski memiliki kesamaan manfaat.

  1. Evolusi Barang
Brand Songiea
Songiea adalah brand lokal Indonesia, fokus memproduksi beragram fashion muslimah

Evolusi barang ini adalah penggabungan antara ketiga elemen unik, emosi dan kreatif menjadi satu hingga memunculkan sebuah produk dengan brand yang akan melekat pada ingatan pelanggan. Karena menjadikan pelanggan cinta saja tidak cukup untuk membuat pelanggan kita setia. Sebagai perusahaan besar, tentu harus membuat pelanggan semakin memuja produk kita dengan cara mengevolusi barang dengan unik, penuh emosi dan kreatif. Sehingga mudah diingat pelanggan.

Dari keempat langkah tersebut, jika perusahaan menerapkannya dengan baik dan maksimal. Maka dengan senang hati pelanggan yang memuja produk tersebut akan senang menceritakan produk yang dicintainya ke orang lain, merekomendasikan hingga mampu membuat orang lain juga mencintai produk kita. Kejeneiusan seseorang dalam menciptakan sebuah brand yang dapat dipuja adalah bagaimana cara ia menggabungkan sesuatu yang tidak pernah difikirkan orang lain, tetapi ia mampu memikirkan dan menggabungkan kolaborasi luar biasa dalam menciptakan brand genius yang dapat dipuja oleh semua orang.

BacaJuga: Kumpulan Artikel Informasi Internet Marketing Untuk UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

2 COMMENTS

  1. Suka sekali dengan point ke. 4, mengingat begitu banyak elemen yang sangat bisa sekali digabungkan dinegeri Indonesia ini. Asalkan kita kreatif, maka brand bisnis kita akan melekat dengan kuat dibenak customer kita kan? 😉

    Regards, Admin

    PS: Silahkan kunjungi balik website kami yang fokus pada tema Tips dan Strategi Bisnis :’)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here