Toko Online – Saya selalu ditanya, apa sich bedanya Toko Online dengan toko konvensional. Dan jawaban yang sama berulang ulang juga saya sampaikan tidak ada perbedaan yang signifikan. Dari sisi element bisnis hampir sama semua. Kan yang membedakan hanya dari segi etalase tokonya yang sekarang bisa diakses online. Tapi dari segi backoffice semua managementnya hampir sama semua termasuk Inventory Untuk Toko Online.

Dengan management inventory yang tidak bagus, akan membuat kalian sendiri kerepotan saat akan memulai  proses packing dan delivery order. Jika hanya 1 orderan mungkin hal ini tidak berdampak, beda lagi jika orderanya mulai banyak, dan tentunya ini harapan kita semua kan ya sebagai pemilik toko online. Akan lebih baik kita sibuk di gudang memikirkan orderan yang masuk daripada tidak ada orderan sama sekali.

Karena ini, proses pengaturan sebuah Inventory Untuk Toko Online sangatlah penting. Berikut ini adalah langkah langkah mudah dalam mengatur sebuah inventory toko online :

1. Posisikan Setiap Barang di Rak Atau Kabinet

Jangan biarkan semua barang barang jualan kalian berantakan gak tentu tempatnya. Pastikan semuanya ditaruh di rak secara teratur. Untuk barang barang yang kecil bisa ditauruh dalam sebuah kabinet atau box. Dan disusun dan diberi label kategori atau label nama produk. Dengan kondisi penyimpanan yang baik, maka kita sudah bisa menjaga kualitas barang kita yang kemungkinan akan berada di gudang dalam waktu yang lama.

2. Kategorikan Setiap Barang

Pengkategorian barang ini sangatlah penting. Karena akan  mempermudah kita menemukan barang yang akan kita packing atau kita kirim. Apalagi jika kita sudah mempunyai team sendiri. Dengan standarisai pengkategorian setiap orang bisa menemukan barang barang yang akan diproses lebih lanjut dengan mudah. Bisa dimulai dari pengkategorian dari masing masing produk. Mulai dari barang yang kecil atau yang besar. Bisa dikelompokkna berdasarkan fungsinya atau bisa jadi pengelompokkannya sesuai dengan kategori yang ada di Toko kalian.

3. Bikin Kode Sederhana  

Setelah kita kelompokkan dalam kategori yang sama, lanjutkan dengan pemberian kode terutama utk barang barang yang hampir spesifikasinya. Misal seperti di toko saya studiostar7.net , untuk kategori Perlengkapan Studio Fotografi ada satu rak khusus, dimana didalamnya berisikan item item mulai dari lampu, softbox, triger , lightstand dan backgroun fotografi. Dengan begitu saat terjadi transaksi di toko online dengan kategori paket mini studio fotografi minimalis akan sangat mudah team kami menyiapkannya.

Nah, semoga dengan tips yang sederhana ini kalian lebih mudah memanage toko online yang kalian bangun ya kawan. Dan selalu ingat bahwa, salah satu cara mempertahankan pelanggan di sebuah toko online selain kecepatan pengiriman adalah kualitas barang yang dikirim dalam kondisi baik seperti deskripsi yang tertuang dalam toko online.

 

Salam Digitizer, 

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 4 =