Social Media Marketing –  Saat memulai membangun Toko Perlengkapan Studio Fotografi, diawal saya putuskan untuk bikin tendem antara Web Online Shop dengan Social Media. Dan akhirnya munculah Facebook Page Studiostar7 yang tujuan awalnya untuk sharing tips tips fotografi. Dan godaan diawal yang menurut saya sedikit menjerumuskan adalah saat saya dan team memutuskan menggunakan fasiltas Facebook Ads untuk mempromosikan online shop kami.

Kenapa saya bilang godaan yang menjerumuskan, karena jika kita tidak begitu memahami fungsi dan tujuan kita memasang iklan di Facebook Ads, bisa jadi kita akan hanya mendapatkan hasil yang tidak optimal sama sekali dan pastinya biaya yang dikeluarkan tidak sedikit untuk menebus hasil yang tidak maximal tersebut. Sama seperti yang saya rasakan, dalam waktu enam bulan, jumlah follower (likes) dari Facebook Page toko online saya bertambah dengan pesat , budget promosi pun naik dengan siginifikan di laporan keuangan tapi sayangnya tidak diimbangi dengan hasil penjualan, bahkan cenderung membuat neracanya menjadi minus hanya untuk mengejar jumlah follower yang banyak.

Apa yang salah ? Jumlah follower naik pesat, seharusnya diimbangi dengan jumlah penjualan, karena follower yang saya dapatkan seharusnya bisa menjadi prospek yang bagus untuk melakukan penjualan. Kami cek ulang hasil insight dari facebook page, kami coba tendemkan hasilnya dengan Google Analytic dari website ternyata ? kami telah melakukan kesalahan dalam menggunakan Facebook Ads , untungnya kami tidak membutuhkan waktu lama dalam menemukan kesalahan kesalahan ini. Berikut ini adalah tiga kesalahan saat menggunakan facebook ads yang bisa saya bagikan disini :

Baca Juga : 6 Langkah Panduan Jitu Social Media Marketing 

Iklan Facebook Ads Tidak Menyentuh Target Market 

Begitu banyak iklan yang saya buat, ternyata hanya mendapatkan hasil jumlah follower yang banyak. Ternyata kesalahan saya adalah tidak membuat iklan yang fokus ke target market dari Online Shop saya. Dengan naiknya jumlah follower seakan-akan memberikan efek positif untuk bisnis online, nyatanya berbalik arah, jumlah follower yang banyak tidak sebanding dengan jumlah penjualan yang didapatkan. Karena memang mereka yang like (follow) Facebook Ads online shop saya bukan target market yang tepat.

Tips: Analisa target market bisa kita tentukan dengan membandingkan hasil dari Facebook Page Insight dengan Google Analytic, dengan begitu kita akan benar benar tahu, ditujukan keSIAPA iklan yang kita buat ini. 

strategi internet marketing
Kami berikan analisa terperinci perihal Social Media Marketing termasuk penentuan target untuk Facebook Ads bisnis online Anda

Iklan Facebook Ads Tidak Memiliki Tujuan Yang Terukur

Tujuan dengan pemasangan iklan facebook ads tidak sekedar hanya ingin mengejar penjualan, meskipun memang itu tujuan akhirnya. Setiap iklan yang kita pasang bisa diibaratkan membangun anak tangga menuju hasil akhir yaitu penjualan. Tentukan dengan jelas saat kita akan memasang iklan, apa yang ingin kita dapatkan dari iklan ini. Kalau hanya sekedar menambah folower itu dengan mudah dan pasti akan kita dapatkan saat kita memasang iklan. Pilih objective yang jelas, tahap demi tahap untuk mengarahkan calon pelanggan melakukan pembelian di toko online kita.

Tips: Bikin satu iklan facebook ads yang memilik objektif TERUKUR, misal; Ingin mendapatkan jumlah register di online shop. atau misalnya lagi; ingin mendapatkan data base email untuk bisa kita follow up dengan neswletter PENJUALAN.

Baca Juga: Apakah Sudah Optimal Follower Social Media Toko Online Anda 

Iklan Facebook Ads Tidak Memiliki Content Yang Jelas

Komposisi iklan di Facebook Ads berisikan Image/Foto dan Text. Begitu banyak image yang saya pasang adalah foto produk yang saya jual, inilah kesalahan fatalnya. Imagenya yang muncul terlalu hard selling sehingga kurang menarik dari sisi pelanggan. Selain itu konsistensi bahasa yang saya gunakan masih tercampur campur antara penggunaan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Kedua hal inilah yang harus benar benar harus kita jaga konsistensinya dan ketepatannya.

Tips: Pastikan dua hal ini tersedia yaitu pastikan text tidak lebih dari 20% dari keseluruhan komposisi iklan dan Image yang kita gunakan harus yang menarik dari sisi grafis dan memiliki warna yang kontras dengan warna Facebook (biru putih)

Baca Juga: Bagaimana Cara Sukses Berjualan Di Facebook Page

Nah, jika kalian memiliki bisnis online, dan kalian juga sering melakukan pemasangan iklan melalui facebook Ads, amati iklan facebook ads yang kalian buat, apakah masih ada 3 kesalahan besar dalam menggunakan Facebook Ads diatas. Kalau iya, segera rubah polanya kawan. Jangan sampai besar pasak dari pada tiangnya.

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here