iklan online

Jenis Iklan Online – Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang pentingnya iklan pada internet. Ternyata ada banyak sekali hal yang seharusnya Anda ketahui tentang pemasangan iklan di internet. Salah satunya yaitu jenis iklan online yang tersebar bentuknya di internet.

Iklan online adalah iklan yang dipromosikan melalui jaringan internet. Sedangkan toko online adalah sarana tempat berbelanja jual beli yang di dalamnya berisi iklan yang menawarkan produk dan jasa. Situs website dapat menjadi salah satu tempat yang dijadikan sebagai toko online.

Dari 12 jenis iklan online yang ada, kita bahas 4 jenis terlebih dahulu. Berikut ini penjelasannya,

Baca Juga : Advertising Di Internet, Mengapa Harus Dilakukan?

1. Direct Advertising

Anda sebagai pemasang iklan berhubungan langsung dan tanda tangan kontrak untuk menampilkan iklan atau kegiatan promosi lainnya. Biasanya media yang sering dijadikan direct adv. adalah blog. Blog yang dipilih tentu saja memiliki trafik pengunjung tinggi dan cukup populer. Format iklan berupa teks dan iklan gambar atau banner. Dealing harga juga menentukan besar kecilnya ukuran dari iklan Anda.

2. Self-service Advertising

Pada jenis ini materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan secara online. Sehingga Anda bebas mengatur iklan seperti apa yang akan ditampilkan, teks, gambar, ataupun video. Buatlah konten semenarik mungkin agar ketika keyword tertentu dimasukkan, otomatis akan muncul iklan Anda.

Terkadang jenis iklan ini tidak efektif karena tidak mentargetkan pada konsumen secara khusus. Dibutuhkan keyword yang tepat, karena secara umum akan muncul banyak para pesaing yang lain juga yang menawarkan iklan yang sama. Contohnya Google AdWords dan Blogads.

Tampilan GoogleAdWords sebagai bagian dari iklan online
Tampilan GoogleAdWords sebagai bagian dari iklan online

 

3. Ad Networks

Sebuah jaringan iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Pemasangan iklan di sini biasanya tidak memiliki target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya minimal. Jika menggunakan Ad Network Anda tidak bisa menentukan iklan-iklan apa saja yang tampil di blog atau website Anda. Contoh: Tribal Fusion dan Value Click Media.

Baca Juga : Belajar Branding Unik Dari Iklan Indoeskrim

4. Contextual Advertising

Sesuai dengan namanya, iklan ini menargetkan pada konten iklan dan tidak ditampilkan secara random. Otomatis konten iklan akan dibagikan pada pengunjung yang tertarik saja. Hasilnya promosi Anda lebih terarah dan sesuai target. Namun Anda tidak bisa menentukan pasar konsumen sesuai tujuan Anda. Contoh: Yahoo Publisher Network dan Google AdSense.

Tunggu jilid selanjutnya yaah..

Baca Juga : Strategi Internet Marketing UKM Indonesia

Salam Digitizer,

Anda sedang membangun Bisnis Online ? Jika Jawabnya adalah Iya, maka beruntunglah Anda yang sudah meng-Online-kan usahanya. Pantau informasi mengenai Digital Marketing disini. Akan lebih baik jika Anda memasukkan email Anda di Box untuk mendapatkan informasi secara berkala.
* indicates required

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here